MELANTIK. Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan H M Husni saat akan melantik Pengurus Gugus Darma Gerakan Pramuka di Lanud Soewondo Medan, Sabtu (02/03/2019). | foto: istimewa
MELANTIK. Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan H M Husni saat akan melantik Pengurus Gugus Darma Gerakan Pramuka di Lanud Soewondo Medan, Sabtu (02/03/2019). | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Gugus Darma Gerakan Pramuka merupakan tempat berhimpunnya orang dewasa yang masih ingin kembali aktif dalam kegiatan kepramukaan orang dewasa yang tidak terlibat atau masuk sebagai pengurus gerakan pramuka ditingkat kwartir nasional, kwartir daerah, kwartir cabang dan kwartir ranting.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Cabang (Kamabicab) Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan H M Husni saat akan melantik Pengurus Gugus Darma Gerakan Pramuka di Lanud Soewondo Medan, Sabtu (02/03/2019).

Gugus Darma Pramuka bertujuan untuk membantu mengembangkan kepramukaan bersama dengan kwartir dalam bentuk sumbangan pemikiran, tenaga, material, dan finansial yang diwujudkan terutama dengan memfasilitasi kegiatan gugus depan dan dalam melaksanakan tanggung jawabnya Gugus Darma senantiasa berkoordinasi dengan kwartir cabangnya.

“Gugus Darma Pramuka ini bertujuan untuk membantu dan mewujudkan dalam bentuk pemikiran, tenaga, mterial,dan finansial terutama dalam melaksanakan tanggung jawabnya yang berkoordinasi dengan kwartir cabangnya,” ujar Husni.

Selanjutnya Husni menjelaskan bahwa kwartir cabang Kota Medan menyambut secara positif dengan berdirinya Gugus Darma yang berpangkalan pada Lanud Soewondo Medan, dimana anggotanya adalah para mantan penggiat pramuka di masa lalu dan saat ini ingin kembali berperan aktif pada kegiatan kepramukaan keberadaan Gugus Darma sesuai fungsinya.

“Kami harapkan dapat membantu kwartir cabang Kota Medan dengan curahan ide serta gagasan-gagasannya agar kegiatan kepramukaan di Kota Medan khususnya dapat lebih tumbuh berkembang,” katanya.

Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan didampingi Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan Rasyid Ridho Nasution  menyampaikan, bahwa Gugus Darma Lanud Soewondo adalah yang kedua setelah Gugus Darma Ki Hajar Dewantara yang berada di Kecamatan Medan Deli dan beranggotakan orang dewasa dari berbagai profesi seperti buruh pabrik, guru, pengacara sampai mantan anggota DPRD Kota Medan.

“Gugus Darma Lanudsoewondo ini merupakan yang kedua setelah Gugus Darma Ki Hajar Dewantara yang berada di Kecamatan Medan Deli dan beranggotakan orang dewasa dari berbagai profesi,” ungkap Husni.

Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan juga mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lanud Soewondo beserta seluruh jajaran yang selama ini telah aktif membantu berbagai kegiatan kepramukaan baik secara moril maupun materil dilingkungan pangkalan Lanud Soewondo bahkan berperan aktif pada proses pendirian Gugus Darma di tempat ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Komandan Lanud Soewondo beserta seluruh jajarannya yang sudah membantu kami baik secara moril maupun materil,” ucapnya.

Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan berpesan kepada para pengurus agar dapat menjaga amanah organisasi dan mengedepankan ikhlas bakti binabangsa berbudi bawa laksana.

“Saya berpesan kepada para pengurus agar dapat menjaga serta menjalankan amanah dalan organisasi ini,” pesan Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan. (rm-05)