Petugas BNN menghitung barangbukti ribuan pil ekstasi yang diamankan saat penangkapan empat tersangka oebgedar narkoba di Jalinsum Lubuk Linggau, Sumsel. | foto: istimewa
Petugas BNN menghitung barangbukti ribuan pil ekstasi yang diamankan saat penangkapan empat tersangka oebgedar narkoba di Jalinsum Lubuk Linggau, Sumsel. | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Petugas gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kodam I/Bukit Barisan membongkar peredaran narkoba jenis pil ekstasi yang dikendalikan oknum TNI, Serda SM. Selain seorang oknum TNI, lima tersangka lain diamankan bersama barangbukti 50.000 pil ekstasi.

Deputi Penindakan BNN Irjen Arman Depari mengatakan, pengungkapan jaringan ini berawal dari laporan masyarakat adanya pengiriman narkoba jenis ekstasi dari Medan menuju Lubuk Linggau, Sumatera Selatan (Sumsel), beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pengiriman barang haram tersebut akan dilakukan melalui jalur darat.

“Tim kami bergerak dan saat berada di Jalan Lintas Sumatera, Lubuk Linggau, Sumsel, tim menghadang kendaraan yang dicurigai dan melakukan penangkapan terhadap tiga orang tersangka,” kata Arman, Sabtu (02/03/2019).

Dari hasil penangkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan empat kantong narkoba yang berisi ribuan pil ekstasi. Petugas kemudian melakukan pengembangan lebih lanjut. 

“Dari keterangan para tersangka dikembangkan ke Sumut. Selanjutnya dalam pengembangan itu, petugas menangkap tersangka DD di daerah Tanjung Morawa,” ujar Arman.

Arman mengatakan, dari hasil penggalian informasi terhadap DD, petugas BNN memperoleh informasi bahwa dia diperintah oleh seseorang yang diduga anggota TNI atasnama Serda SM. BNN kemudian berkoordinasi dengan Dandim 0204 Deliserdang, Subdenpom I/1-3 Lubukpakam, Subdenpom I/1-1 Tebingtinggi. “Hasilnya tim berhasil meringkus Serda SM,” ujar Arman.

Selanjutnya bersama tersangka DD, tim melakukan pengembangan dan menemukan enam bungkus pil ekstasi yang ditanam di kandang sapi milik warga di Desa Sukaraja Pegajahan Kabupaten Sergai. 

“Total barang bukti yang disita 10 bungkus ekstasi. Setelah kami hitung, total barang bukti 50.000 butir pil,” kata Arman.

Sementara selain Serda SM, lima tersangka lain yang diamankan yakni, Sof, Hen, DD, Hend, dan And. Selanjutnya tim membawa para tersangka ke BNN.

“Sedangkan oknum TNI diserahkan kepada POM TNI untuk dilakukan proses penyidikan selanjutnya,” kata Arman. (rm/in)