Medan I rakyatmedan – Institut Teknologi Medan (ITM) menandatangani piagam Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan perusahaan PT Timah Tbk Persero.

“Dengan adanya penandatanganan itu akan kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan melakukan langkah-langkah seperti akan memberi perbekalan kepada mahasiswa magang sebelum berangkat sehingga masa adaptasi di tempat magang akan lebih cepat,” kata Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Ir Mustafa MT, Selasa (5/3/2019).9

Disebutkannya, MoU itu dilakukan pada Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Selain dengan perusahaan timah juga empat perusahaan lain yang akan menyusul penandatangan MoU seperti PT Pertamina Persero, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero, PT Adhi Karya Persero dan PT Pelabuhan Indonesia Persero.

Pada penandatangan denhan PT Timah dilakukan Wakil Rektor IV Ir Mustafa MT dan PT Timah Tbk Persero diwakili oleh Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Muhammad Rizki.

WR IV ITM Mustafa mengharapkan PT Timah dapat melanjutkan PMMB ini secara berkesinambungan dengan melakukan evaluasi bersama untuk melihat tingkat capaian yang ditargetkan.

Sementara itu Direktur SDM PT Timah Muhammad Rizki mengharapkan kerja sama ini tidak hanya bidang magang mahasiswa saja, tetapi jika memungkinkan dapat termasuk bidang-bidang lain seperti penelitian yang berkaitan dengan proses perusahaan, kuliah umum dari perusahaan ke perguruan tinggi dan lainnya.

Sementaravitu WR-I, Dekan, Ketua Program Studi, dan unit terkait) untuk menyetarakan SKS magang selama 6 bulan. Kemudian akan mempersiapkan dan menyeleksi mahasiswa yang dikirim supaya lebih berkualitas.

Dia mengharapkan para lulusan ITM yang dihasilkan sebanyak 700-800 lulusan per tahun tidak menjadi pengangguran.

Program pengembangan ITM yang akan dilakukan baik hardskill, softskill, maupun attitude.

Program magang ini katanya akan berlangsung selama 5 tahun dan dilaksanakan 2 periode per tahun.

Diharapkan kepada unit pelaksana akademik fakultas dan program studi untuk mempersiapkan mahasiswa secara lengkap supaya dapat diusulkan secara terus menerus selama 10 periode atau dalam waktu 5 tahun ke depan.

Sistem seleksi mahasiswa masing-masing program studi silakan dirancang sendiri, yang penting dikirim menurut urutan peringkat yang terbaik.

Pada periode pertama hasil match-up dan negosiasi dengan BUMN, ITM terserap 13 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut di PT Timah sebanyak 5 mahasiswa

Sedangkan ke PT Pertamina sebanyak 3 mahasiswa, PT Pelabuhan Indonesia 3 mahasiswa, PT Perusahaan Gas Negara 1 mahasiswa, PT Adhi Karya 1 mahasiswa.

Selain tersebut diatas ada negosiasi dengan PT Yodya Karya Persero yang hasilnya akan dikabarkan dalam waktu dekat ini. (rm-04)