Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk segera melakukan perbaikan jalan rusak yang dikeluhkan warga. Sebab, walikota tidak ingin aktifitas warga menjadi terganggu akibat kondisi jalan yang tidak layak. Instruksi tersebut kemudian ditindaklanjuti.

Adapun jalan rusak yang yang dikeluhkan warga yakni Jalan Sakti Lubis Gang Amal Kecamatan Medan Kota kini sudah diperbaiki dan melalui pengaspalan yang dilakukan.

Menurut penuturan warga, Jalan Sakti Lubis Gang Amal sudah lama rusak. Selain menggangu kelancaran lalulintas, rusaknya jalan juga mengancam keselamatan para pengendara yang melintas.

Selain itu, sering terjadi genangan air saat hujan turun dikarenakan kondisi jalan yang berlubang. Oleh sebab itu, warga kemudian berharap Pemko Medan segera melakukan perbaikan.

Sejak Selasa (05/03/2019), Kadis PU Kota Medan Isa Ansari menurunkan sejumlah alat berat dan petugas untuk melakukan perbaikan Jalan Sakti Lubis Gang Amal yang rusak. Melihat hal tersebut, warga tampak sangat gembira atas tindaklanjut Pemko Medan yang dilakukan dengan cepat.

“Inshaa Allah satu persatu jalanan di Kota Medan akan dilakukan perbaikan secara berkelanjutan. Sebab, melakukan perbaikan jalan juga harus mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku. Untuk itu kami berharap masyarakat untuk memaklumi hal tersebut,” kata Isa.

Selanjutnya, Isa menjelaskan bahwa perbaikan jalan dilakukan dengan cara pengaspalan (hotmix). Adapun panjang jalan yang diaspal sekitar panjang 400 meter dan lebar 3 meter. Usai diaspal, Isa berharap warga sekitar dapat menjaga dan melakukan perawatan jalan agar kondisi jalan dapat bertahan lama.

Salah satu cara yang bisa dilakukan warga untuk merawat kondisi jalan, dikatakan Isa, adalah dengan rutin melalukan pengorekan parit yang berada dipinggir jalan. Hal tersebut penting dilalukan agar saat hujan, parit dapat menampung air dan tidak menggenangi jalan sehingga dikhawatirkan mengakibatkan kerusakan kembali.

“Kami berharap warga ikut peduli dalam menjaga kodisi jalan. Salah satunya lewat pengorekan parit yang dilakukan. Dengan demikian, air hujan dapat mengalir dan tidak menggenangi jalan. Ini untuk kepentingan kita bersama. Maka dari itu kami harapkan kepedulian seluruh warga,” harap Isa.

Atas pengaspalan yang dilakukan di Jalan Sakti Lubis Gang Amal tersebut, warga mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan khususnya walikota karena dengan menindaklanjuti keluhan warga. Kini masyarakat dapat beraktifitas dengan lancar saat melewati Jalan Sakti Lubis Gang Amal tanpa hambatan dan gangguan. (rm-05)