Komisioner KPU Viryan Aziz | foto: istimewa
Komisioner KPU Viryan Aziz | foto: istimewa

Jakarta | rakyatmedan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencoret 101 data e-KTP WNA yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). KPU mengatakan kasus terkait data WNA masuk DPT saat ini telah selesai.

“Bagi KPU dengan data yang diberikan tersebut dari Dukcapil sudah selesai, masalah WNA punya KTP-el sudah selesai,” kata komisioner KPU Viryan Aziz kepada wartawan, Kamis (07/02/2019).

Viryan mengatakan pencoretan ini dilakukan, dengan terlebih dulu melakukan proses verifikasi faktual. Selanjutnya data WNA dicoret karena tidak memenuhi syarat.

“KPU kemudian memberikan data-data tersebut kepada KPU Kabupaten/kota melalui KPU provinsi/KIP Aceh untuk dilakukan proses faktual dan sudah dilakukan pencoretan dari DPT yang ditetapkan,” ujar Viryan.

“Sudah dicoret semua karena yang bersangkutan masuk kategori TMS, Tidak Memenuhi Syarat,” sambungnya.

Menurut Viryan, Dukcapil telah terlebih dulu melakukan sinkronisasi sebelum menyerahkan data ke KPU. Sehingga menurutnya KPU telah menyelesaikan kasus tersebut dengan melakukan pencoretan.

“Karena Dukcapil sudah mensinkronkan data tersebut, jadi mestinya sudah selesai dengan kami langsung coret,” ucap Viryan.