Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan mengikuti Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (10/03/2019) pagi.
Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan mengikuti Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (10/03/2019) pagi.

Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan mengikuti Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (10/03/2019) pagi. CFD ini juga diikuti ribuan warga Kota Medan yang diisi dengan aneka kegiatan olahraga.

Senam jantung sehat merupakan salah satu olahraga favorit warga yang mengikuti CFD. Sebab, warga sudah mengetahui bahwa manfaat yang diperoleh dengan rutin mengikuti senam ini akan membuat kesehatan jantungnya selalu terjaga. Setiap senam jantung digelar, sejumlah instruktur diturunkan untuk memandunya.

Dalam CFD kali ini, walikota tidak ikut senam jantung sehat. Orang nomor satu di Pemko Medan itu memilih berjalan kaki mengelilingi Lapangan Merdeka. Setiap kali ikut CFD, walikota selalu meluangan waktunya untuk berjalan kaki mengelilingi lapangan bersejarah tersebut.

“Jalan kaki sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk jantung. Sebab, berjalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan memperkuat jantung. Itu sebabnya saya lebih memilih olahraga berjalan kaki,” kata walikota.

Selain untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran tubuh, walikota dengan berjalan kaki juga ingin melihat kondisi Lapangan Merdeka.

Selain kebersihan, walikota ingin seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki terjaga dan terawat sehingga warga kapan saja bisa menggunakannya.

Usai berjalan mengelilingi Lapangan Merdeka, walikota pun tampak puas. Sebab, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan senantiasa menjaga kebersihannya dan merawat seluruh sarana dan prasarana yang ada di Lapangan Merdeka.

“Lapangan Merdeka merupakan sarana utama untuk berolahraga, bersantai dan ber­kum­pul. Oleh karenanya saya ingin Lapangan Merdeka selalu terawat, sehingga masyarakat merasa tenang dan nyaman saat berolahraga maupun bersantai bersama anggota keluarganya,” ungkapnya.

Walikota selanjutnya mengajak seluruh warga Kota Medan untuk terus meramaikan CFD. Selain untuk mengajak masyarakat agar mengurangi polusi yang disebabkan asap kenderaan bermotor, CFD juga bertujuan untuk mengajak masyarakat agar gemar berolahraga.

“Luangkan waktu sejenak untuk berolahraga. Dengan rutin berolahraga, selain tubuh tetap sehat, insya Allah kita akan terhindar dari penyakit. Dengan demikian kita dapat melaksanakan aktifitas sehari-hari dengan baik,” imbaunya. (rm-05)