Kandahar | rakyatmedan – Setidaknya tiga orang tewas dan 30 lainnya luka-luka akibat ledakan kembar di dalam sebuah stadion yang menjadi tuan rumah pertunjukan pertanian di Afghanistan selatan, Sabtu (23/03/2019).

Ledakan itu terjadi di Lashkar Gah, ibukota Provinsi Helmand yang bergejolak, ketika orang-orang menandai Hari Petani sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru Persia.

Warga memajang produk pertanian mereka di stadion utama kota ketika ledakan terjadi.

“Pertama, ledakan kecil terjadi di dalam tenda di stadion. Orang-orang mulai berlari ke arah gerbang, ketika ledakan kedua menghantam kerumunan,” kata saksi mata Omidullah Zaheer, kepada AFP.

“Saya melihat beberapa orang yang terluka dikeluarkan dari stadion,” katanya.

Zhwak mengatakan, korban dari ledakan kedua sangat minim karena orang-orang meninggalkan daerah itu setelah ledakan pertama terdengar,

Di antara yang terluka adalah wakil gubernur, wakil kepala dewan provinsi, kepala informasi, dan kepala departemen budaya dan pertanian.

“Saya baik-baik saja,” kata gubernur Mohammad Yasin, yang juga hadir, kepada AFP.

“Tetapi tiga orang tewas dan 31 lainnya cedera dalam ledakan itu,” tambahnya.

Dia menyalahkan Taliban atas serangan itu.

Baik Taliban maupun kelompok lain belum mengklaim bertanggung jawab atas ledakan, yang terjadi dua hari setelah beberapa ledakan di Kabul menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 20 lainnya selama perayaan Tahun Baru Persia di daerah Syiah.

Kelompok Negara Islam atau ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Kabul. (rm/in)