Jakarta | rakyatmedan  – WhatsApp sedang menguji update baru pada label pesan ‘Forwarded’ dalam upaya mengekang informasi salah dan fake news menyebar di platform-nya. Seperti apa?

Menurut laporan WABetaInfo, terdapat dua label baru yang terkait pesan forwarded, yakni ‘Frequently Forwarded’ dan ‘Forwarding Info’. Kedua label tersebut menjadi bagian WhatsApp Android beta versi 2.19.80.

Mengutip Indian Express, Senin (25/03/2019), label ‘Frequently Forwarded’ akan muncul di atas pesan yang telah diteruskan lebih dari empat kali. Label muncul dengan cara mirip ‘Forwarded’ yang ada.

Sementara itu, fitur ‘Forwarding Info’ akan memberitahu pengguna mengenai berapa kali pesan yang dikirim oleh mereka telah diteruskan.

Untuk mengetahuinya, pengguna perlu menuju ke bagian Message Information, di mana rincian forwarding akan tersedia bersama dengan informasi ‘Read’ dan ‘Delivered.’

Laporan mencatat, fitur ini hanya berfungsi untuk pesan yang dikirim pengguna. Untuk mengetahui penerusan informasi pada pesan yang diterima pengguna, mereka perlu meneruskannya kepada seseorang, dan mem-posting beberapa kali akan membuatnya terlihat.

Kendati demikian, forwarding information tampaknya tidak tersedia jika pesan telah diteruskan lebih dari lima kali. Laporan tersebut menambahkan, fitur sedang dalam pengembangan dan tidak tersedia untuk pengujian beta seperti sekarang.

Fitur ‘Forwarding Info’ dilaporkan akan dirilis dalam pembaruan beta selanjutnya. Tapi untuk informasi kapan fitur versi stabil akan diluncurkan belum diketahui.

Fitur hadir saat WhatsApp sedang berjuang menghentikan penyebaran fake news di platform-nya. Informasi salah telah menyebabkan kasus kekerasan massa dan hukuman mati tanpa pengadilan di India.

Sebelum ini, WhatsApp telah memperkenalkan label ‘Forwarded’ yang membantu mengidentifikasi apakah pesan itu asli atau diteruskan. WhatsApp juga memberikan batasan global pada pesan yang diteruskan ke lima orang saja.

Ide dari pembatasan tersebut untuk mengingatkan pengguna pesan yang mereka baca merupakan hasil forward. Pesan belum tentu sesuatu yang disusun oleh kontak mereka yang telah meneruskannya. (rm/in)