Jakarta | rakyatmedan – Tahun lalu Microsoft berjanji akan membuat perubahan signifikan untuk browser Edge-nya. Kini, versi awal dari browser tersebut muncul secara online.

Microsoft sedang membangun kembali browser Edge di Chromium. Chromium sendiri merupakan mesin rendering web open-source yang sama digunakan Google untuk browser Chrome.

Kini, download link untuk Microsoft Chromium Edge browser menyebar di forum beta dan situs web berbagi file. Menurut sebuah laporan, browser Edge baru yang bocor merupakan versi awal dari yang akan dirilis Microsoft dalam public preview.

Build awal yang telah dikembangkan mencakup fitur-fitur seperti dukungan untuk ekstensi Chrome, sinkronisasi favorit, dan sejumlah perubahan khusus pada antarmuka pengguna. Namun, beberapa fitur yang diharapkan pengguna Edget tidak ada di sana.

Pengguna tidak akan menemukan dukungan untuk stylus atau fitur tab Microsoft. Selain itu, dark mode hanya bisa diaktifkan dengan testing flag seperti sekarang, seperti dilaporkan Ubergizmo, Selasa (26/03/2019).

Tahun lalu, Microsoft juga sempat mengatakan mereka tidak hanya memindahkan mesin web untuk browser ke Chrome. Tapi, raksasa pembuat software ini akan merilis versi final dari Edge di Mac terbaru.

Sayangnya, Microsoft tidak menjelaskan apakah nantinya Edge versi final untuk Mac akan tiba saat yang sama seperti untuk Windows 10. (rm/in)