Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH kembali melakukan penyegaran pelantikan pejabat eselon II di Balai Kota Medan, Selasa (2/4). Kali ini sebanyak empat orang pejabat baru yang dilantik guna mengisi jabatan kosong.

Selain sebagai bentuk regenerasi, pelantikan itu juga diharapkan dapat menjadi titik lanjut guna menjadikan dan meningkatkan mutu pelayanan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan kepada masyarakat.

Apalagi tantangan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan semakin kompleks, terlebih di era digital saat ini. Oleh karenanya, walikota mengingatkan kepada pimpinan OPD yang baru dilantik untuk lebih inovatif dan kreatif dalam rangka mendukung pembangunan kota.

Di samping itu juga untuk menunjukkan kapasitas diri seorang abdi negara yang melayani masyarakat dan mendukung percepatan pembangunan kota.

Adapun keempat pejabat eselon II yang baru dilantik itu masing-masing Benny Iskandar menjadi Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid di DPKPPR). Kemudian, Iswar Lubis MT menjadi Kadis Perhubungan Kota Medan (sebelumnya menjabat sebagai salah satu Kabid di Dishub Provinsi Sumut).

Lalu, Dra Edliaty menjadi Kadis Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas UMKM) serta Khairunisa SE menjadi Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Medan (sebelumnya menjabat sebagai Kabid Keuangan di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah).

Dalam arahannya, walikota menekankan kepada pejabat yang baru dilantik untuk meningkatkan kinerja dan prestasinya.

‘’Bagi saudara yang baru saja dilantik, saya mengingatkan bahwa kini saudara adalah garda terdepan di OPD masing-masing. Apalagi jabatan yang saudara emban, menyangkut hajat hidup orang banyak yang butuh pelayanan dari OPD yang saudara pimpin. Untuk itu, saya berharap saudara bekerja dengan penuh dedikasi dan loyalitas,’’ kata walikota.

Di samping itu, walikota juga berpesan kepada keempat pejabat yang baru dilantik agar bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi untuk kemajuan Kota Medan. Salah satunya dengan menjalin dan membangun sinergitas serta kerjasama antar OPD. Dengan begitu Wali Kota optimis cita-cita pembangunan kota dapat terwujud.

Yang tidak kalah pentingnya lagi imbuh walikota, agar pejabat yang baru dilantik mampu menciptakan iklim kerja yang nyaman di OPD masing-masing.

’’Jika suasana dan kondisi nyaman, para line staf di jajaran saudara akan semangat dan giat untuk bekerja. Selain itu saudara juga harus mampu melihat dan merasakan dinamika yang terjadi serta sigap mencari solusi agar tidak mengganggu profesionalitas dalam menjalankan tanggungjawab pekerjaan,’’ harapnya.

Selanjutnya walikota berharap agar para pejabat baru ini dapat menjalankan tugasnya dengan penuh loyalitas dan dedikasi.

‘’Jalankanlah amanat yang saat ini saudara emban dengan penuh amanah. Terus tingkatkan motivasi dan prestasi kerja, sehingga kita mampu mewujudkan Kota Medan menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius,’’ pungkasnya.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan berlangsung penuh khidmat. Sebelum pelantikan dilakukan, Benny Iskandar mewakili para pejabat yang dilantik lebih dulu menyampaikan fakta integritas.

Salah satu isinya, mereka menyatakan siap dievaluasi apabila dalam tiga bulan pasca dilakukan pelantikan tidak mampu menjalankan amanah seperti yang diharapkan walikota. (rm-05)