Medan | rakyatmedan – Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai unsur pembangunan bangsa memiliki misi mulia dalam memberi dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup keluarga dengan mengutamakan sumber daya manusia sejak bayi dalam kandungan, hingga tumbuh dan berkembang menjadi balita, remaja sampai lanjut usia. Untuk itu, keberadaan kesatuan gerak PKK diharapkan dapat menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat. Karena PKK merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan.

Demikian disampaikan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi saat menghadiri acara Supervisi TP PKK Provinsi Sumatera Utara ke Kota Medan, di Gedung Dharma Wanita, Jalan Rotan, Selasa (02/04/2019).

Lebih lanjut Kadis Kesehatan menyampaikan, para kader dan penggerak PKK beserta jajarannya harus memadukan gerak langkah dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat khususnya kesepuluh program pokok PKK. Seluruh upaya yang dilakukan penggerak PKK bertujuan untuk mewujudkan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera.

Pemerintah Kota Medan bersama seluruh unsur masyarakat, Tim Penggerak PKK beserta kader-kadernya, telah banyak melakukan upaya-upaya terhadap pengembangan kehidupan keluarga menuju terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih sejahtera.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan supervisi yang dilakukan tim penggerak PKK Sumatera Utara diharapkan dapat memberikan bimbingan dan arahan agar kesepuluh program pokok PKK lebih baik lagi ke depannya,” kata Kadis Kesehatan.

Dalam acara ini juga diumumkan kelurahan-kelurahan yang terpilih sebagai nominasi dalam HKG PKK Tahun 2019, untuk itu Kadis Kesehatan juga mengucapkan selamat atas terpilihnya kelurahan-kelurahan ini sebagai nominasi, diharapkan tambah Edwin, hal ini dapat menambah semangat dan lebih memotivasi kader-kader PKK yang berada di kelurahan untuk dapat memberikan pengabdian serta membangun kesejahteraan melalui program pokok PKK ini.

“Saya ucapkan selamat kepada kelurahan-kelurahan yang masuk ke nominasi lomba ini, semoga dapat memacu semangat dan motivasi kader-kader PKK di kelurahan untuk memberikan pengabdian dalam membangun keluarga yang sehat, sejahtera, terampil dan cerdas sesuai melalui kesepuluh program pokok PKK,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil I Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj Nurul Khairani Lubis menyampaikan dalam sambutan tertulisnya, sebagian besar program TP PKK sangat banyak mendorong program-program pembangunan yang berbasis partisipasi.

Dalam artian, program kerja PKK yang tertuang dalam 10 program pokok PKK pada umumnya mencerminkan pembangunan yang berbasis masyarakat. Hal ini selaras dengan prinsip-prinsip pembangunan kota yang tengah dijalankan pada saat ini.

“Untuk itu, saya selaku Ketua TP PKK Kota Medan sekali lagi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada TP PKK Provinsi Sumatera Utara atas upayanya selama ini dalam memberikan pembinaan guna mendorong kinerja TP PKK Kota Medan lebih baik lagi ke depannya,” ujar Ketua TP PKK Kota Medan.

Lebih lanjut Wakil I Ketua TP PKK Kota Medan mengungkapkan, selama ini TP PKK Kota Medan telah melaksanakan pembinaan dan sosialisasi secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, sampai pada tingkat lingkungan. Sehingga manfaat yang dirasakan masyarakat di Kota Medan dapat dirasakan seperti saat sekarang ini.

“TP PKK Kota Medan selama ini melaksanakan pembinaan dan sosialisasi secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, sampai pada tingkat lingkungan. Dengan begitu masyarakat Kota Medan dapat merasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Kemudian Nurul juga berharap kepada nominasi terbaik yang dihadirkan pada supervisi saat ini nantinya dapat memberikan hasil yang terbaik pada saat monitoring maupun evaluasi nanti. Untuk itu, hendaknya jangan sungkan memberikan masukan dan saran dalam rangka perbaikan program-program PKK Kota Medan ke depannya.

“Kepada para kader PKK yang telah masuk dalam nominasi terbaik tahun lalu, hendaknya tahun ini dapat memberikan masukan dan saran dalam rangka perbaikan program-program PKK Kota Medan ke depannya,” harap Nurul.

Sementara itu, Ketua Tim Supervisi PKK Provinsi Sumatera Utara H Ruyad, mengatakan PKK yang ada di Kota Medan lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi perlombaan yakni perlombaan Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak Dan Remaja Cinta Kasih, UP2K PKK, Pemanfaatan Hatinya PKK, IVA Test, Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, Posyandu, PHBS, LBS Serta P2WKSS Tahun 2019, terutama pada kelurahan-kelurahan yang menjadi nominasi.

“Saya berharap PKK yang ada di Kota Medan agar dapat menghadapi perlombaan terutama pada kelurahan-kelurahan yang menjadi nominasi,” harap Ruyad. (rm-05)