Medan I rakyatmedan – Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) Azzuhra Permata Khaira terpilih sebagai mahasiswa terbaik dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi 2019.

Pemilihan mahasiswa berprestasi yang digelar digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara itu berlangsung selama dua hari, 4-5 April 2019 yang diikuti mahasiswa dari seluruh PTS di Sumut.

“Terpilihnya kembali mahasiswa UMSU dalam pemilihan mahasiswa berprestasi oleh LLDikti Wilayah Sumut merupakan kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika,”  kata Rektor UMSU Dr Agussani, MAP di kampus tersebyt, Senin (8/4/2019).

Disebutkannya mahasiswa terbaik dalam ajang ini nantinya akan diutus sebagai duta Sumut untuk maju di tingkat nasional.

Hal ini menegaskan dominasi UMSU dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi yang digelar LLDikti wilayah Sumatera Utara karena sukses mempertahankan posisi terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Diawali pada 2017, mahasiswa UMSU atas nama Cyinthi Hadita menjadi yang terbaik sehingga mewakili Sumut ke ajang Pilmapres tingkat nasional. Pada 2018, Muhammad Al Anas dari Fakultas Kedokteran UMSU juga mewakili Sumut untuk tingkat nasional.

Menurut rektor, semangat untuk menjadi yang terbaik yang ditunjukkan oleh mahasiswa menjadi motivasi tersendiri dalam meningkatkan pelayanan dan kulitas akademik.

“Tentu kita bersyukur dengan prestasi yang diraih mahasiswa FK atas nama Azzuhra Permata Khaira. Prestasi ini melengkapi keberhasilan mahasiswa yang sukses menempatkan UMSU terbanyak meraih hibah PKM yakni 38 proposal,” ungkap Rektor Dr Agussani,

Rektor juga memberikan apresiasinya kepada pimpinan fakultas dan prodi se UMSU.

Menurutnya apa yang diraih sekarang merupakan bentuk pencapaian dari perjuangan dan komitmen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pimpinan fakultas dan prodi atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada universitas. Bangun terus kebersamaan dan raih terus prestasi,” pintanya.

Rektor juga mengungkapkan, saat ini universitas sedang konsen dalam peningkatan kualitas dan fasilitas dengan mengikuti perkembangan-perkembangan secara internasional.

UMSU terus berupaya dengan sungguh-sungguh dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita menjadi universitas berkelas internasional.

Upaya itu ditandai melalui pengembangan kualitas SDM dengan mendorong para dosen muda untuk merebut beasiswa melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Program pengembangan SDM ini sudah diikuti beberapa dosen muda yang saat ini telah melanjutkan kuliah di Thailand dan Australia.

“Prestasi mahasiswa serta sukses UMSU meraih akreditasi A merupakan wujud kebersamaan yang tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras semua pihak dari tingkatan prodi sampai fakultas serta dukungan stakeholder. Kita tentu bersyukur atas capaian prestasi UMSU,” katanya. (rm-04)