Washington | rakyatmedan  – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dilaporkan memecat direktur pasukan pengamanan presiden atau Dinas Rahasia, Randolph Alles.

Menurut laporan CBS News, Alles merupakan salah satu dari beberapa pejabat di Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, yang dipecat menyusul pengunduran diri Menteri Kirstjen Nielsen.

Trump mengatakan melalui Twitter, Nielsen mengajukan pengunduran diri terkait situasi di perbatasan AS-Meksiko. Belakangan, Trump berulang kali menuduh Nielsen tak cukup tangguh menjaga keamanan perbatasan, terutama terkait masuknya imigran dari Amerika Tengah.

Sementara itu Gedung Putih mengonformasi bahwa Alles memang akan meninggalkan posnya, namun tak menyebut dia dipecat Trump.

Jurubicara Sarah Sanders mengatakan, Randolph ‘Tex’ Alles telah berkontribusi besar kepada Dinas Rahasia selama 2 tahun terakhir.

“Presiden berterima kasih atas pelayanannya selama lebih dari 40 tahun untuk negara,” ujar Sanders, mengacu pada lamanya waktu pengabdian Alles di militer.

Sanders melanjutkan, posisi Alles akan diisi oleh James Murray, orang penting di Dinas Rahasia, mulai Mei mendatang.

Alles diangkat menjadi direktur Dinas Rahasia pada April 2017. Mantan jenderal bintang 2 di Korps Marinir itu merupakan orang pertama yang memimpin satuan pengamanan kepresidenan AS bukan dari jenjang karier Dinas Rahasia. (rm/in)