Medan I rakyatmedan -Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) tuan rumah Seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tingkat Wilayah Sumut.

Kegiatan yang dibuka Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilyah Sumut Prof Dian Armanto MPd MA MSc PhD ini diadakan di Kampus Pascasarjana UMSU Jalan Denai Medan.

“Kami senang dan berterimakasih diberi kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggara event yang bergengsi ini,” kata Rektor UMSU yang diwakili Wakil Rektor II Akrim SPdI MPd, Kamis (11/4/2019).

Akrim juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh utusan dari PTS dan PTS yang mengikuti Sekeksi IN MIPA-PT.

Ia juga menegaskan komitmen UMSU untuk sekalu membantu agenda kegiatan Kemenristekdikti, mulai dari sosialisasi sampai pelaksanaan program.

Sementara itu Kepala LLDikti Sumut Prof Dian menyampaikan ucapan selamat kepada UMSU atas pencapaiannya menjadi PTS terbaik di Sumut dengan meraih nilai A untuk Akreditasi Institusi dari BN PT.

“Ini pertanda UMSU adalah PTS terbaik di Sumut yg akan membimbing mahasiswanya menuju era revolusi 4.0. yang benar, efisien, efektif dan terjamin,” ujarnya.

Ia berharap kedepan nantinya UMSU lebih menunjukkan akselarasinya dengan memperbanyak prodinya yang meraih akreditasi A.

Terkait kegiatan seleksi ON MIPA-PT Sumut, Prof Dian menjelaskan jumlah peserta meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 448 peserta dari lebih 50 perguruan tinggi yang ada di Sumut .

“Saya kira ini pertanda ON MIPA mendapat tempat di hati mahasiswa”, sebutnya.

Ia berharap di tahun depan akan semakin banyak lagi yg akan mengikuti kegiatan ini.

Menurutnya, ON MIPA-PT ini adalah kegiatan yg baik dan prospektif bagi dunia akademik

Dia berharap ON MIPA-PT akan menjadi kegiatan semua perguruan tinggi di SumuIa menyarankan agar seluruh perguruan tinggi menyiapkan dosen pendamping dan pelatih di setiap semester.

“Jika mahasiswanya banyak berprestasi di bidang akademik, maka akan sangat menunjang untuk meningkatkan akreditasi bagi perguruan tinggi bersangkutan,” katanya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini Tim Pengawas Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Pimpinan PT peserta dan Kabid Kemahasiswaan dari PT peserta Sekeksi ON MIPA-PT Sumut.