Medan | rakyatmedan – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Hj Rita Maharani SH menghadiri puncak acara Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara 2019 di Gelanggang Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed), Sabtu (13/04/2019). Lomba yang digelar tersebut dalam rangka memperebutkan Piala Ibu Gubernur Sumatera Utara.

Kegiatan perlombaan yang digelar Pemprov Sumut bekerja sama dengan Unimed tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kategori yakni umum, pelajar dan mahasiswa di Sumatra Utara.

Nantinya, hasil desain kreasi para pemenang lomba akan diterapkan pada Batik Melayu Sumut. Diharapkan melalui perlombaan tersebut, seluruh masyarakat dapat lebih mengenal kebudayaan Melayu yang ada di Sumut, khususnya Kota Medan

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Ketua Dekranasda Provsu Nawal Lubis mengatakan  setiap kebudayaan yang dimiliki sudah senantiasa harus terus dilestarikan agar tidak hilang terkikis kemajuan zaman.

Oleh sebabnya, Gubsu berharap agar perlombaan tersebut semakin menumbuhkan kecintaan seluruh masyarakat Sumut pada budayanya termasuk budaya Melayu.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani SH mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Sebab, melalui perlombaan tersebut seluruh masyarakat dapat lebih mengenali dan mengetahui berbagai ornamen khas yang ada dalam adat dan suku Melayu.

“Alhamdulillah, kita mengapresiasi kegiatan ini. Sebab, dengan adanya perlombaan tersebut artinya masyarakat diajak untuk mengenal dan memahami kebudayaan khas Melayu. Terlebih, Kota Medan merupakan Tanah Deli yang memiliki berbagai peninggalan khas Melayu salah satunya yang jelas terlihat adalah Istana Maimun,” kata Hj Rita.

Untuk itu, Hj Rita berharap khususnya kepada para generasi muda agar jangan melupakan sejarah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan Melayu. Apalagi, Melayu menjadi identitas yang melekat pada Kota Medan, sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Selain itu, Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Istri Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH tersebut berharap agar para peserta baik yang mengikuti maupun yang keluar sebagai juara dalam perlombaan tersebut agar terus mengasah diri dan kemampuan untuk menciptakan dan menghasilkan karya-karya terbaiknya di bidang desain. Terlebih jika hal tersebut bisa menjadikan sumbangsih bagi Kota Medan.

“Saya merasa senang melihat antusias yang tinggi dari masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut. Ini sekaligus membuktikan kecintaan mereka pada kebudayaan Melayu yang ada di Sumut khususnya Kota Medan. Semoga karya yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi dalam memajukan dan membawa batik melayu baik ke tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Hj Rita.

Puncak acara perlombaan sekaligus dirangkai dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kota Medan mendampingi Ketua Dekranasda Pemprovsu menyerahkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada pemenang yang berhasil keluar sebagai juara dalam perlombaan. (rm-05)