Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama istri Hj Rita Maharani SH beserta ketiga buah hati tercinta menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 dengan melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 112 Komplek Citra Wisata Jalan Karya Wisata, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor, Rabu (17/04/2019).

Dengan mengenakan Batik Medan, walikota bersama keluarga tiba dilokasi pencoblosan sekitar pukul 09.20 WIB. Kedatangan walikota bersama keluarga selanjutnya disambut oleh petugas beberapa KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara). Sebelum melakukan pencoblosan, walikota mendaftarkan diri dengan menyerahkan form C6.

Sekadar memberitahukan, jumlah pemilih di TPS 112 berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 248 pemilih dengan perincian jumlah pemilik laki-laki sebanyak 122 orang, sedangkan pemilih perempuan 126 orang.

Walikota terdaftar di no urut 58, sementara Hj Rita Maharani yang juga Ketua TP PKK Kota Medan no urut 59.

Orang nomor satu di Pemko Medan itu selanjutnya mendaftarkan diri dengan menyerahkan form C6 kepada petugas KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara). Kemudian petugas KPPS menyerahkan kertas suara untuk masing-masing lima pemilihan yakni calon legislatif DPRD Medan, DPRD Sumut, DPD RI, DPR RI serta calon presiden dan wakil presiden.

Namun walikota beserta keluarga harus menunggu giliran, sebab sejumlah warga juga tengah melakukan pencoblosan di bilik suara.

Setelah mengantri beberapa menit, walikota beserta keluarga selanjutnya berjalan menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan untuk memilih caleg maupun calon presiden dan wakil presiden yang akan memimpin lima tahun ke depan.

Usai melakukan pencoblosan, walikota beserta keluarga selanjutnya memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara yang telah disediakan dan kemudian membubuhkan salah satu jari dengan tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019.

Kepada sejumlah wartawan, walikota usai pencoblosan, mengajak seluruh warga Kota Medan yang telah memiliki hak milih agar mendatangi TPS di wilayah tempat tinggalnya masing-masing untuk menggunakan hak pilih.

“Ayo, mari kita beramai-ramai mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilih,” kata walikota.

Ayah tiga anak itu selanjutnya menyatakan rasa optimisnya bahwa tingkat partisipasi masyarakat di Kota Medan dalam Pemilu 2019 tinggi. Sebab, masyarakat sejak pukul 07.00 WIB sangat antusias mendatangi TPS mulai pukul 07.00 WIB untuk melakukan pencoblosan guna memilih caleg maupun capres dan cawapres yang sesuai dengan pilihan hati.

Oleh karenanya, walikota menyampaikan apresiasinya atas tingginya tingkat partisipasi masyarakat tersebut.

“Siapapun yang kita pilih, apapun yang kita pilih, itulah yang terbaik yang kita harapkan nantinya. Tujuan kita memilih bagaimana nantinya memilih wakil dan pemimpin kita ke depan yang akan memperbaiki bangsa dan negara,” ungkapnya.

Dalam Pemilu 2019 ini, walikota mengaku sedikit kesulitan pada saat melakukan pencoblosan dalam bilik suara. Pasalnya, ada lima kertas suara yang dipilih.

“Tadi saya sedikit lama dalam bilik suara bukan karena mikir-mikir siapa yang akan dipilih, tapi aga kesusahan karena harus balik-balik surat suara,” ujarnya sambil tersenyum.

Ketika disinggung terkait pelaksanaan Pemilu 2019, walikota mengaku sejauh ini berjalan dengan aman dan lancar sehingga Kota Medan tetap aman dan kondusif. Walikota berharap kondisi ini dapat terus dijaga bersama.

“Alhamdulillah, sampai saat ini situasi Kota Medan tetap kondusif. Mari kita jaga agar tetap kondusif. Untuk hasilnya, mari kita serahkan kepada panitia,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama istri Hj Nurul Khairani Lubis menggunakan hak pilihnya di TPS 34 Jalan Letterpress, Kelurahan Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur, Rabu (17/4). Wakil Wali Kota tiba bersama istri sekitar pukul 08.20 WIB.

Wakil Walikota bersama istri harus menunggu antrian, sebab sejumlah masyarakat yang lebih dahulu datang juga tengah mengantri untuk melakukan pencoblosan. Usia menggunakan hak pilih, Wakil Walikota berharap agar pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar.

“Insya Allah, pemilu hari ini seluruhnya dapat berjalan aman dan lancar. Selain itu, kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan penuh rasa gembira. Sebab, ini merupakan pesta demokrasi. Seperti halnya sebuah pesta, maka haruslah kita sambut dengan penuh suka cita,” kata Wakil Walikota.

Disamping itu, Wakil Walikota menyampaikan bahwa agar seluruh masyarakat memilih sesuai dengan pilihannya masing-masing. Apalagi, setiap masyarakat berhak memilih siapapun tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. “Berbeda pilihan adalah hal biasa. Namun, yang paling terpenting agar kita semua senantiasa menjaga kekondusifan Medan Rumah Kita,” harapnya.

Di tempat terpisah, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM juga memberikan hak suaranya bersama sang istri Ny Ismiralda Wiriya Alrahmadi Pemilu 2019 di TPS 32, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Rabu (17/4). Di TPS 32, Sekda dalam DPT tercatat di nomor urut 175, sedangkan Ny Ismiralda no urut 174.

Usai menggunakan hak pilihnya, Sekda menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat kota Medan, khususnya warga di Kelurahan Suka Maju karena telah menggunakan hak suara mereka sebagai warga negara Indonesia.

“Saya sangat senang karena di TPS 32 ini, masyarakat datang beramai-ramai untuk memberikan hak suaranya masing-masing. Saya berharap mtidak ada warga yang golput, semua harus memilih untuk menentukan masa depan Indonesia,” harap Sekda.

Mantan Kepala Bappeda Kota Medan itu juga berharap agar pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Medan berjalan dengan aman, damai dan lancar serta dapat melahirkan pemimpin yang mampu membawa perubahan menuju lebih baik bagi Indonesia nantinya. (rm-05)