Medan I rakyatmedan– Direktorat Jenderal (Ditjen) Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi (Iptek) dan Pendidikan Tinggi  ( Dikti) menyelenggarakan Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS) 2019 Skema B dan C.

“Kegiatan ini merupakan program pemberian bantuan hibah kepada perguruan tinggi swasta,” kata Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto saat dihubungi Jumat (19/4/2019).

Disebutkan Dian Armanto, untuk Sumut, kegiatan itu dilaksanakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I di Theme Park, Deli Serdang pada 10 – 12 April lalu diikuti 60 peserta terdiri unsur pimpinan dan yayasan sebagai badan penyelenggara dari 15 PTS dan khusus untuk PTS Skema B, Klaster 3.

Dijelaskannya, Klaster 3 itu merupakan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi program studi minimal B. Selain itu akreditasi PT minimal B/Baik Sekali per 1 Januari 2019 dan masih berlaku minimal sampai 1 Juli 2019.

Dian Armanto menuturkan, PP-PTS Skema B merupakan program bantuan
dalam bentuk barang berupa peralatan laboratorium yang ditujukan sebagai sarana  pendidikan untuk pengembangan institusi.

Bantuan  itu, ucap Dian ditujukan untuk peningkatan produktivitas dan relevansi lulusan melalui penguatan proses pembelajaran dan kualitas lulusan, sehingga dapat meningkatkan kinerja perguruan tinggi swasta.

“Ini adalah hibah untuk peningkatan mutu pembelajaran agar perguruan tingginya bagus, dan mahasiswa serta lulusan berkualitas,” tambahnya.

Disebutkannya bantuan itu dimanfaatkan untuk membeli peralatan pendidikan dan laboratorium yang biayanya hingga Rp1,5 miliar.

PTS yang bisa menerima bantuan itu harus memenuhi persyaratan yang ditentukan Kemenristekdikti.

Ketentuan itu antara lain PTS yang berada di kluster 3 sesuai Surat Keputusan Dirjen Kelembagaan Iptek Kemenristekdikti No 2217/C/KEP/VIII/2018 untuk perguruan tinggi yang berbentuk universitas, institut, atau sekolah tinggi, dan No 2189/C/KEP/VIII/2017 untuk perguruan tinggi yang berbentuk politeknik atau akademi.

Untuk itu, Dian Armanto berharap semua PTS yang memenuhi persyaratan itu segera mendaftar dalam program pembinaan tersebut sebelum batas akhir.

Disebutkannya, pendaftaran PP-PTS Tahun Anggaran 2019 untuk Skema B dimulai 18 Maret – 26 April 2019 secara online melalui laman PP PTS online

Ketua Panitia Dra Faizah Binti Johan Alam Shah MSi mengungkapkan, dalam Bimtek Pembuatan Proposal PP-PTS 2019 Skema B itu, LLDikti Wilayah I Sumut merupakan satu-satunya LLDikti yang dibimtek perguruan tingginya oleh tim evaluator nasional Dikti.

“Ini karena pimpinan LLDikti Wilayah I sangat perhatikan kebutuhan dari PTS dan mengutamakan pelayanan yang bermanfaat bagi PTS,” kata Faizah.

Kasubbag Kelembagaan LLDikti Wilayah I Sumut ini menuturkan, tiga narasumber dari Dikti dihadirkan untuk memberikan bimbingan pembuatan proposal PP-PTS 2019 Skema B, yakni Tjitjik Srie Tjahjandarie (Universitas Airlangga). Kemudian, Atik Choirul Hidajah (Universitas Airlangga), dan Iik Wilarso (Universitas Indonesia).

Sekadar diketahui, perguruan tinggi eligible (berhak) PP-PTS 2019 Skema B, dari 315 PTS se Indonesia antara lain UISU, Universitas HKBP Nommensen, UMSU, Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab), Universitas Simalungun , Universitas Methodist Indonesia, UMA, UMN Al-Washliyah, Unpri, Politeknik LP3I Medan,

Selain itu Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Bandar Lampung, Universitas PGRI Palembang, Universitas Jayabaya, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Prof Dr Moestopo.

Kemudian Institut Teknologi Indonesia, Universitas Kristen Indonesia Maluku, Politeknik API Yogyakarta, Politeknik Indonusa Surakarta , Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri, Akademi Kebidanan Kartini Bali, Politeknik Kampar, Akademi Farmasi Samarinda, Akademi Keperawatan Intan Martapura.