Barcelona | rakyatmedan – Barcelona sukses memastikan tambahan tiga poin setelah mengalahkan Real Sociedad pada jornada ke-33 La Liga di Camp Nou, Minggu (21/04/2019) dini hari WIB. Dengan hasil itu, klub Katalan itu tinggal dua langkah lagi menuju titel musim ini.

Saat ini, Blaugrana masih duduk manis di singgasana klasemen sementara dengan poin 77, unggul sembilan angka dari Atletico Madrid yang menguntit di urutan kedua.

Kini, kedua tim menyisakan lima pertandingan lagi. Itu berarti Barcelona hanya butuh tambahan enam poin untuk juara La Liga musim ini.

Menjamu Sociedad, Barcelona cukup kerepotan. Terbukti, penguasaan bola kedua tim terbilang seimbang. Bahkan, menurut situs resmi La Liga, tim tamu sedikit lebih unggul dengan menguasai 50,6% bola, ketimbang tuan rumah yang 49,4%.

Meski begitu, peluang lebih banyak didapat Barcelona yang mampu melepas sebelas tembakan, berbanding sembilan ancaman Sociedad.

Kebuntuan Blaugrana baru pecah beberapa detik sebelum turun minum melalui tandukan Clement Lenglet usai memanfaatkan umpan Dembele. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Sociedad bermain lebih berani. Hasilnya, tim berjuluk Txuri-urdinak itu mampu menyamakan skor melalui aksi Juanmi yang menerima umpan Mikel Merino pada menit ke-62.

Namun, tuan rumah tak panik. Mereka cepat merespons dengan kembali menjebol gawang Sociedad. Kali ini giliran Jordi Alba yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-62.

Gol itu membuat Alba jadi defender yang paling banyak terlibat dalam proses gol (2 gol, 8 assists) di La Liga musim ini. (rm/in)