Medan | rakyatmedan – Antusiasme masyarakat mengikuti Car Free Day yang berpusat di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (21/04/2019) kian meningkat. Hal tersebut terlihat dari ribuan masyarakat yang datang untuk mengikuti CFD.

Selain berolahraga, CFD juga dimanfaatkan masyarakat untuk bersantai melewatkan waktu berakhir pekan bersama keluarga. Selain itu, CFD juga menjadi ajang silaturahmi bagi para komunitas yang ada di Kota Medan.

Setiap minggunya, CFD selalu digelar dan menjadi kegiatan rutin Pemko Medan. Sebab, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH ingin memberikan ruang bagi warga Kota Medan untuk melaksanakan kegiatan olahraga setelah sebelumnya para warga disibukkan dengan rutinitas pekerjaan.

Oleh karenanya, sejumlah ruas jalan di seputaran kawasan Lapangan Merdeka ditutup dari sejak pukul 06.00-10.00 WIB agar warga dapat menggunakannya untuk berolahraga khususnya bagi warga yang ingin bersepeda.

Selain senam jantung sehat kerjasama Pemko Medan dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara, Pemko Medan juga menyediakan sejumlah peralatan olahraga yang berada di pinggiran lapangan untuk digunakan warga guna meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain itu, arena Lapangan Merdeka juga dapat digunakan anak-anak untuk bermain. Diharapkan momen CFD di Lapangan Merdeka dapat menjadi wadah yang tepat bagi seluruh masyarakat untuk melewati waktu libur bersama anggota keluarga sekaligus menjadi tempat bermain yang aman dan nyaman bagi anak-anak.

Oleh karenannya, setiap Minggu pagi, ribuan masyarakat berdatangan untuk mengikuti CFD. Apalagi, Lapangan Merdeka menjadi salah satu tempat favorit yang menjadi pilihan masyarakat untuk dikunjungi, terutama hari libur.

Demi kenyamanan warga, walikota senantiasa menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan melakukan perawatan.

‘’Jika kondisi Lapangan Merdeka senantiasa bersih, warga yang datang pasti akan merasa tenang dan nyaman sekaligus senang ketika berolahraga. Selain itu, saya juga berharap agar seluruh sarana dan prasaran yang ada dapat terawat dengan baik,’’ kata walikota.

Saat memiliki waktu luang, walikota selalu menyempatkan untuk hadir mengikuti CFD bersama ribuan warga. Selain berolahraga, ajang CFD digunakan walikota untuk bersilaturahmi sekaligus menyapa langsung warga yang hadir.

Hal tersebut juga untuk mengajak warga untuk senantiasa mendukung seluruh program pembangunan yang tengah dilakukan Pemko Medan, termasuk program kebersihan. Sebab, untuk mewujudkan Kota Medan menjadi bersih butuh dukungan dari seluruh pihak, khususnya masyarakat.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan walikota untuk mendengar langsung masukan dan keluhan dari warga. Seluruh masukan dan keluhan tersebut selanjutnya akan ditindaklanjuti walikota bersama melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dengan demikian, mutu pelayanan dan kinerja seluruh OPD dapat lebih ditingkatkan sehingga dapat mewujudkan visi Kota Medan menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius. (rm-05)