Medan I rakyatmedan – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara akan kembali menggelar wisuda priode pertama Tahun 2019 yang akan diikuti, 2.283 lulusan.

Diantara lulusan tercatat sebagai mahadiswa berprestasi di tingkat nasional dan internasional, salah satunya mantan juara dunia Wushu dan peraih emas Asian Games, Juwita Niza Wasni.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengungkapkan, wisuda priode I Tahun 2019 ini ditandai dengan sejumlah lulusan yang berhasil mengharumkan nama UMSU pada kegiatan yang bersifat akademik maupun olahraga di tingkat nasional, maupun internasional.

Wisuda kali ini juga terasa istimewa karena beberapa prestasi yang diraih yakni, UMSU berhasil meraih akreditasi A serta proposal PKM terbanyak di Sumut dibiayai Dikti.

Selain itu juga UMSU berhasil mempertahankan gelar mahasiswa berprestasi pada pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat LLDikti Wilayah I Sumut 2019.

“Momen wisuda pertama tahun ini terasa istimewa dan patut disyukuri karena diikuti beberapa mahasiswa yang berprestasi dan membawa nama harum universitas serta Indonesia dalam berbagai lomba, termasuk Juwita Niza Wasni, atlet Wushu peraih emas Asian Games dan juara dunia,” kata Agussani, Selasa (23/4/2019).

Disebutkannya wisuda kali ini juga menjadi kesyukuran tersendiri karena diiringi capaian prestasi UMSU termasuk berhasil meraih akreditasi A

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) untuk priode pertama Tahun 2019 ini, mewisuda sebanyak 2.283 lulusan yang telah berhasil menyelesaikan studi sarjana, pascasarjana dan studi profesi.

Acara Wisuda Sarjana UMSU ini dalam pelaksanaannya digelar selama 2 hari, 22-23 April 2019 di Gedung Selecta di Jalan Listrik, Medan.

Dijelaskan Rektor, jumlah lulusan yang diwisuda periode pertama 2019 ini sesuai dengan target program akademik.

Banyaknya lulusan yang diwisuda ini sekaligus menunjukkan kesesuaian jumlah mahasiswa yang masuk dengan lulusan.

Dijelaskan dia, sesuai dengan program akademik, setiap mahasiswa diharapkan bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Untuk itu setiap mahasiswa harus benar-benar serius mengikuti perkuliahan sehingga tidak ada mata kuliah yang tertinggal yang bisa jadi menambah lama masa studi.

Demikian juga dengan mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk para atlet berprestasi. Sudah seharusnya prestasi di luar akademik diimbangi dengan tidak melupakan kewajiban menuntut ilmu di perkuliahan karena pendidikan tetap menjadi modal penting untuk masa depan.

Setiap mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu sesuai masa akademik selama 3,5 sampai 4 tahun.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Muhammad Arifin, SH M Hum menambahkan, terkait dengan wisuda UMSU panitia menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena terganggunya sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi wisuda selama dua hari.

Untuk itu diharapkan masyarakat yang melintas di seputaran Jalan Listrik bisa menempuh jalan alternatif.

Sementara Juwita Niza Wasni yang dihubungi terpisah mengaku, senang akhirnya bisa menyelesaikan studi di Fakultas Ekonomi UMSU. Bukan hal yang mudah untuk fokus kuliah karena hari-harinya dipenuhi jadwal latihan.