Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI MH diwakili Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Medan Musadad Nasution menerima Kunjungan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) RI dengan agenda Pembahasan Terkait Hak-hak Pensiunan PTPNIV yang terabaikan di Ruang Rapat I Kantor Walikota, Selasa (23/4).

Dalam kunjungannya Kepala Bagian Dukungan Mediasi Komnas HAM Mimin Dwi Hartono MA menyampaikan maksud kedatangannya ke Kota Medan dalam rangka menyampaikan pengaduan dari Ketua Forum Komunikasi warga pensiunan PTPN IV dimana hak-hak mereka tidak diberikan oleh PTPN IV itu sendiri.

“Adapun tujuan kami mengunjungi Pemko Medan disebabkan karena adanya pengaduan dari salah satu pensiun dimana pembayaran pensiunan mereka belum dipenuhi oleh PTPN IV sebagaimana dengan peraturan yang sudah ditetapkan,” ucap Mimin.

Sementara itu, Musaddad mengatakan, Pemko Medan belum menerima pengaduan tersebut sehingga Pemko Medan belum bisa melakukan tindakan tetapi bagaimanapun Pemko Medan siap membantu segalanya demi tecapainya hak-hak yang harus didapat oleh para pensiunan PTPN IV selama itu masuk kedalam wewenang Pemko Medan.

“Kami belum menerima pengaduan tersebut jadi kami belum bisa melakukan apa-apa, tetapi kami akan membantu dan mendukung apa-apa saja yang diperlukan oleh Komnas HAM dari Pemko Medan sehingga hak-hak pensiun tersebut dapat terselesaikan dan dipenuhi secepat mungkin,” kata Musaddad.

Lebih lanjut Musaddad mengungkapkan agar pihak Komnas Ham berkoordinasi dengan PTPN IV apakah hal tersebut masuk kedalam wewenang Pemko Medan apakah wewenang Sumatera Utara.

“Saya ingin Komnas Ham berkoordinasi dengan PTPN IV apakah hal tersebut masuk kedalam wewenang Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan atau Dinas Ketenagakerjaan Sumatera Utara,” ungkap Musaddad.

Kemudian Aspem juga berharap kunjungan Komnas HAM ini dapat memberikan pencerahan agar penanganan persoalan yang berkaitan dengan HAM dapat berjalan lebih baik lagi.

“Saya juga berharap kepada Komnas Ham agar segera menemukan solusi yang tepat dengan begitu permasalahan ini dapat berjalan dengan baik,” harap Aspem.

Turut menerima rombongan ini Kadis Tenaga Kerja, Dra. Hanna Lore. Di akhir pertemuan, Asisten Pemerintahan dan Sosial memberikan cinderamata berupa plakat kepada pimpinan rombongan Komnas HAM tersebut. (rm-05)