Medan I rakyatmedan -Rumah Zakat cabang Sumatera Utara (Sumut) siapkan berbagai program Ramadhan Berdaya 2019 dengan menargetkan bantuan 6.592 penerima manfaat.

” Bantuan 6.592 itu nantinya akan kita salurkan untuk berbagi buka puasa sebanyak 5.157 orang, kado lebaran anak yatim 568 orang, bingkisan lebaran keluarga 275 orang dan berbagi Syiah Quran 493 serta bingkisan Janda Berdaya 99 orang,” kata Kepala Perwakilan Rumah Zakat Sumatera Utara, Yunus Aziz, Sabtu (27/4/2019).

Sedangkan untuk desa berdaya akan diberikan sebanyak 31 Desa. Menurutny rogram-program ini akan disosialisasikan pada Ramadhan tahun ini.

“Jadi, dengan program ini kita berharap bisa membantu masyarakat, baik di desa maupun di perkotaan,” ungkap Azis.

Dijelaskannya pada sosialisasi ini Rumah Zakat cabang Sumut juga mengundang perwakilan transportasi online dalam hal ini Gojek.

Kerjasama itu dilakukan dalam menyalurkan donasi yang lebih mudah dan cepat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital.

“Kini bila ada yang ingin berinfak bisa melalui Gopay untuk program Indigo (infak digital gopay). Untuk itu, kami mengajak masyarakat bersama dengan Gojek untuk berzakat dengan kemudahan donasi melalui aplikasi digital,” timpalnya.

Dalam rangkaian kerjasama itu dilakukan penandatangan naskah kerjasama atau memory of understanding (MoU) yang dilakukan
Kepala Perwakilan Rumah Zakat Sumatera Utara, Yunus Aziz dan Marketing Manager Sumbagut Gojek, Susan.

Sementara itu Humas Rumah Zakat Muhammad Anggara menyebutkan Rumah Zakat juga memiliki program Sharing Happiness.

Pada program itu pihaknya siap membantu kalau ada masyarakat yang membutuhkan bantuan pelayanan seperti kesehatan.

Angga berharap dengan program ini akan semakin banyak donatur, millenials dan masyarakat bisa lebih mudah berbagi memberikan manfaat kepada sesama.

Marketing Manager Sumbagut Gojek, Susan menuturkan kerjasama pemberian infak, sedekah dan bantuan sosial lainnya sudah lama dilakukan dengan Pusat.

“Untuk di daerah baru ini kita jalin kerjasama,” ungkap Susan yang meyakini dengan kerjasama ini maka akan memudahkan donatur pada ramadhan ini untuk bisa membayar infak secara digital melalui aplikasi Gopay. (rm-04)