Medan I rakyatmedan -Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) terus berupaya meningkatkan penggunaan kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) kepada seluruh masyarakat Kota Medan, termasuk mahasiswa.

“Salahsatunya upaya yang kita lakukan itu adalah dengan mensosialisasikan di kampus-kampus. Kita ingin mengajak para mahasiswa menggunakan kartu GPN,” ujar Direktur Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumut, Andiwiana S di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Senin (29/04/2019)

Andiwiana di hadapan para mahasiswa UMSU menyebutkan banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan penggunaan kartu GPN, di antaranya selain effisiensi juga penghematan devisa.

Menurut Andiwiana, pihaknya menjadikan mahasiswa sebagai target sosialisasi dikarenakan demografi penduduk Indonesia kebanyakan adalah anak muda.

“Jika penetrasi dari anak-anak muda terhadap GPN ini bisa meningkat maka kita harapkan akan membawa keseluruhan masyarakat Indonesia untuk lebih familiar dengan GPN. Dengan demikian mereka bisa menjadi pendorong masyarakat lainnya agar mau menggunakan kartu GPN,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, hingga saat ini ada sebanyak 1,5 juta kartu GPN yang beredar di Sumut. Angka tersebut merupakan kabar yang cukup menggembirakan karena menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap kartu GPN cukup tinggi.

“Tahun ini kita inginnya pencapaian penggunaan kartu GPN bisa mendekati 100 persen. Tapi jika tahun ini bisa mencapai 60 persen saja, itu sudah sangat baik. Kita juga tidak hanya mensosialisasikan ini ke UMSU saja, tetapi juga ke beberapa universitas di Medan,” pungkasnya.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP mengatakan, BI memang melakukan kerjasama dengan UMSU untuk mensosialisasikan kartu GPN. Hal tersebut menurutnya sangat tepat, karena generasi milenial itu berada di kampus.

“Saat ini jumlah mahasiswa UMSU ada sekitar 21 ribuan mahasiswa. Jika mereka bisa mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar maka target BI secara nasional dapat tercipta. Ini juga menjadi cambuk bagi mahasiswa agar yang menukarkan kartunya menjadi kartu GPN menjadi lebih banyak lagi,” tandasnya.

Ia menambahkan,  dirinya sangat mendukung kegiatan sosialisasi itu. Ia berharap sosialisasi tersebut dapat disosialisasikan ke seluruh universitas yang ada di Sumut.

Pada sosialisasi itu juga dirangkai dengan pemberian cinderamata uang Rupiah kertas oleh  Direktur KPw BI Sumut, Andiwiana S kepada Rektor UMSU Dr Agussani. (rm-04)