Jakarta | rakyatmedan – Fitur Location History menawarkan informasi ke tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi di masa lalu. Beruntung, Google sekarang memberikan opsi untuk penghapusan data.

Google belum lama ini mengumumkan cara baru untuk mengelola data sensitif. Dalam beberapa minggu mendatang, raksasa teknologi asal Amerika ini akan mulai menawarkan opsi menghapus data lokasi Anda secara otomatis seiring bertambahnya usia.

Google menggunakan data Location History untuk merekomendasikan restoran dan menemukan rute mengemudi tercepat. Location History juga terkait dengan fitur Location Sharing sehingga Anda bisa mengawasi keberadaan keluarga dan teman-teman Anda.

Melansir GSM Arena, Jumat (06/02/2019), tentu saja Anda diberi kebebasan untuk sepenuhnya menoaktifkan fitur ini. Tapi, jika Anda masih ingin memanfaatkan beberapa fitur Google yang ditingkatkan oleh Location History, Anda bisa memilih menghapus data secara otomatis secara tiga bulan, 18 bulan, atau menghapus lokasi data secara manual.

Keamanan informasi yang dikumpulkan menjadi lebih relevan dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, perangkat yang keluar mengumpulkan informasi yang tidak terhitung jumlahnya soal aplikasi yang digunakan, tempat yang dikunjungi, dan orang-orang yang terhubung.

Pengumpulan informasi yang sebenarnya memang menakutkan bagi beberapa orang. Tapi, yang lebih memprihatinkan adalah saat informasi sampai ke tangan yang salah dalam bentuk pelanggaran data atau peraturan yang longgar terkait data pengguna. (rm/in)