Jakarta | rakyatmedan – Sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1440 jatuh pada Senin (06/05/2019). Dengan begitu, malam ini umat Islam di Tanah Air dianjurkan untuk melaksanakan Salat Tarawih pertama.

“1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, Senin tanggal 6 Mei 2019,” ucap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (06/05/2019) malam.

Hasil sidang isbat Kemenag tidak berbeda dengan hasil hisab wujudul hilal oleh Majelis Tarjih PP Muhamadiyah yang telah lebih dulu menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Senin besok.

Dalam sidang isbat kali ini, Kemenag mengundang 63 orang. Mereka berasal dari Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohor mengatakan, agenda sidang tadi diawali dengan pemaparan posisi hilal, dilanjutkan dengan mendengarkan laporan tim rukyatul hilal yang telah dibentuk Kemenag di 34 Provinsi di Indonesia.

Sementara, Direktur Jenderal Bimas Islam, Muhammadiyah Amin mengungkapkan, pemantauan hilal dilakukan oleh tim falakiyah rukyatul hilal Kemenag di seratusan titik.

“Kami melakukan pantauan di 102 titik di Indonesia,” ungkapnya. (rm/in)