Jakarta | rakyatmedan – WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk Windows Phone dan sejumlah perangkat yang mendukung Android serta iOS versi lawas. Di antara tiga OS tersebut, dukungan untuk Windows Phone yang akan dihentikan terlebih dulu.

WhatsApp untuk Windows Phone akan berhenti beroperasi mulai 31 Desember 2019. Tahun selanjutnya, pengembang pesan instan tidak akan lagi mendukung perangkat yang menjalankan Android dan iOS versi lawas.

Melansir Phone Arena, Kamis (09/05/2019), keputusan WhatsApp untuk mengakhiri dukungan untuk Windows Phone menjelang 2020 sesuai dengan Microsoft. Pasalnya, raksasa pembuat software ini memutskan untuk menghentikan dukungan untuk sistem operasi mobile juga.

Sementara mengenai dua sistem operasi lainnya, WhatsApp akan berhenti mendukung perangkat yang menjalankan Android versi 2.3.7 dan lebih lama mulai 1 Februari 2020.

Sedangkan perangkat yang mendukung iOS 7 dan lebih lama tidak akan kompatibel dengan WhatsApp efektif per 1 Februari 2020.

Namun, karena WhatsApp tidak akan lagi mengembangkan sistem operasi tersebut, beberapa fitur yang sekarang tersedia kemungkinan berhenti beroperasi bahkan sebelum tenggat waktunya tiba. Jadi, pengguna yang ingin tetap menggunakan WhatsApp perlu beralih ke perangkat yang lebih baru.

Selain itu, jika Anda menggunakan perangkat yang menjalankan Android dan iOS versi lama, Anda tidak akan bisa membuat akun baru, atau memverifikasi ulang akun yang ada pada saat ini. (rm/in)