Sydney | rakyatmedan – Mantan Perdana Menteri Australia Bob Hawke meninggal dunia di usia 89 tahun, Kamis (16/05/2019). Howke menjadi perdana menteri pada era 1980-an.

Dalam pernyataan, istri mendiang, Blanche d’Alpuget, mengatakan, Howke meninggal di rumah dalam tenang.

“Hari ini kami kehilangan Bob Howke, warga Australia yang hebat. Banyak orang mengatakan orang terhebat di era pasca-perang. Dia meninggal dengan damai di rumah,” kata Blanche, dikutip dari AFP.

Sementara itu Partai Buruh memposting pernyataan di Twitter bahwa Howke merupakan karakter yang paling diingat.

“Vale Bob. Kita akan mengenangnya. Dalam solidaritas, selamanya. Semoga dia beristirahat dengan tenang.”

Hawke menjadi perdana menteru Australia ke-23 memimpin pada periode 1983 sampai 1991. Dia menjadi politikus Buruh yang memimpin Australia paling lama.

Dia menamatkan kuliah di University of Western Australia dan kemudian melanjutkan ke Oxford University sebagai Rhodes Scholar.

Pada 1956, Hawke bergabung dengan Dewan Serikat Buruh Australia (ACTU) sebagai petugas riset. Dia kemudian terpilih sebagai Presiden ACTU pada 1969, posisi yang mengantarkannya mencapai profil publik tinggi.

Setelah satu dekade menjabat, Hawke mengumumkan terjun ke dunia politik, dan langsung terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk Partai Buruh.

Tiga tahun kemudian, dia memimpin Partai Buruh dan meraih kemenangan besar pada pemilihan umum 1983 hingga dilantik sebagai Perdana Menteri. Dalam pemimpinannya Partai Buruh meraih tiga kali kemenangan, yakni pada 1984, 1987, dan 1990. (rm/in)