Magelang | rakyatmedan  – Tim promosi Kalteng Putra berhasil mengalahkan tuan rumah PSIS Semarang dengan skor 2-1 pada pekan pertama Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang, Kamis (16/05/2019) malam. Gol Yohanes Pahabol di menit ke-27 dan Rafael Bonfim di menit ke-42 menjadi penentu kemenangan bagi Kalteng Putra.

Sementara itu, PSIS hanya bisa mencetak gol lewat kaki Septian David Maulana pada menit ke-20. Gol ini menjadi pembuka dalam laga tersebut.

Pada awal pertandingan, PSIS mendapat peluang terlebih dulu lewat tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan Bayu Nugroho pada menit ke-4. Namun sepakan keras gelandang Laskar Mahesa Jenar asal Solo ini bisa diblok kiper Kalteng Putra, Dimas Galih Pratama.

Berselang beberapa menit PSIS kembali mendapat peluang dari skema sepak pojok. Sayang sundulan bek PSIS, Wallace Costa memanfaatkan umpan rekannya masih melebar di sisi kanan tiang gawang Kalteng Putra.

Banyak mendapatkan tekanan, skuad asuhan Gomes de Olivera mencoba menembus tembok pertahanan PSIS yang dikoordinir Fauzan Fajri. Beberapa skema serangan Kalteng Putra hingga menit ke-13 masih belum membuahkan hasil.

Alih-alih membahayakan gawang lawan, striker Kalteng Putra, Patrick Wanggai nyaris melakukan gol bunuh diri saat menghalau tendangan pojok Septian David Maulana di menit ke-14. Beruntung, sundulannya melebar tipis di sisi kiri gawang timnya sendiri.

Malapetaka terjadi bagi Kalteng Putra pada menit 20. Sebuah serangan yang dikomandoi Patrick Mota, berhasil membuka skor bagi PSIS. Sepakan Septian David memanfaatkan bola muntah di muka gawang mampu menggetarkan jala Kalteng Putra. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Namun, Kalteng Putra tidak tinggal diam. Gede Sukadana dan kolega beraksi di menit ke-27. Lewat sebuah skema serangan sayap, Yohanes Pahabol mampu memanfaatkan ruang tembak. Alhasil sepakan mantan pemain Persebaya Surabaya ini merobek gawang PSIS yang dijaga Joko Ribowo. Skor pun imbang 1-1.

Merespon hal tersebut, PSIS kembali mendapat peluang pada menit 35. Kali ini sepakan jarak jauh Patrick Mota berhasil di blok pemain belakang Kalteng Putra sehingga hanya menghasilkan sepak pojok bagi PSIS.

Di tengah tekanan tuan rumah, Kalteng Putra berhasil memanfaatkan momentum. Lewat skema sepak pojok di menit ke-42, bek Kalteng Putra Rafael Bonfim berhasil mencetak gol kedua bagi timnya. Sundulan bek asal Brasil ini berhasil membalik keadaan untuk keunggulan Laskar Isen Mulang, 2-1. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, PSIS menginisiasi permainan. Skuad asuhan Jafri Sastra membuka peluang lewat tendangan bebas di dekat kotak penalti Kalteng Putra pada menit ke-59. Hadiah bagi PSIS ini diberikan wasit Aprisman Aranda setelah Hari Nur Yulianto dijatuhkan pemain bertahan Kalteng Putra.

Namun, kesempatan ini tidak bisa dimaksimalkan Septian David. Sepakan bebas pemain asli Semarang itu masih melebar di sisi kanan gawang Kalteng Putra.

Pada 10 menit akhir laga, lagi-lagi tuan rumah mendapat peluang emas. Berawal dari sebuah umpan lob Fredyan Wahyu di sisi kanan, Septian David terbang menyambut bola. Lagi-lagi, bola sundulan penggawa PSIS menyamping tipis dari tiang gawang Kalteng Putra pada menit 83.

Lima menit jelang bubaran, PSIS terus melancarkan serangan. Peluang demi peluang didapat Septian David, Fredyan Wahyu, dan Silvio Escobar. Namun, skuat PSIS gagal menyamakan kedudukan. Laga berakhir dengan kemenangan Kalteng Putra dengan skor 2-1.