Jakarta | rakyatmedan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap melakukan aktivitas terkait Pemilu 2019 seperti biasa meski ada kericuhan aksi demo 22 Mei.

“KPU RI tetap bekerja seperti biasa, melanjutkan tahapan pemilu. Dalam suasana orang yang tidak kerja saja KPU tetap bekerja, apalagi ini pada saat jam kerja,” ujar Komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (22/05/2019).

Viryan mengatakan, saat ini pihaknya masih menyelesaikan persoalan administrasi Pemilu. Hal ini terkait proses administrasi usai penetapan hasil rekapitulasi suara pemilu.

“Saat ini, yang KPU lakukan adalah, menyelesaikan administrasi pascarapat pleno penetapan hasil pemilu. Sebagai catatan, yang ditetapkan KPU itu hasil pemilu tanggal 21 (Mei) kemarin,” kata Viryan.

Terkait unjukrasa yang dilakukan sejumlah massa, Viryan menyatakan KPU menghargai penyampaian pendapat di muka umum. Namun ia meminta harus sesuai jalur hukum.

“Dalam negara demokrasi, hak warga negara untuk mengekspresikan pendapat di muka umum dan itu kami sangat menghormati,” tuturnya.

Sekjen KPU Arif Rahman Hakim juga menegaskan, pihaknya tidak libur bekerja. Dia menyebut pelayanan di KPU tetap berlangsung.

“Kami tidak libur, pejabat dan staf yang melayani tahapan pemilu tetap masuk kantor,” kata Arief.

“Kegiatan pelayanan tahapan pemilu tetap dilaksanakan, pejabat dan staf yang piket tetap masuk kantor,” sambungnya.