Jakarta | rakyatmedan – KPK kembali memanggil Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus dugaan suap anggota DPR Romahurmuziy (Rommy). Dia dipanggil sebagai saksi untuk Rommy.

“Dipanggil sebagai saksi untuk RMY (Romahurmuziy),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (23/05/2019).

Ini merupakan kedua kalinya Lukman dipanggil sebagai saksi untuk Rommy. Menag Lukman pernah diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini pada Rabu (8/5).

KPK saat itu mencecar Lukman soal ada-tidaknya komunikasi antara Lukman dan Rommy terkait kasus dugaan pengisian jabatan di Kemenag. Lukman juga dicecar soal uang Rp180 juta dan USD 30 ribu yang disita dari ruang kerjanya.

Selain itu, Lukman mengaku telah menyampaikan bahwa dirinya sudah melaporkan duit Rp 10 juta yang diterima dari eks Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin ke KPK.

Namun pelaporan itu disebut dilakukan seusai OTT terhadap Rommy sehingga tak diproses KPK.

Dalam kasus ini, Rommy selaku anggota DPR diduga menerima suap Rp300 juta dari Kakanwil Kemenang Jatim Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi.

Uang itu diduga diberikan agar eks Ketum PPP tersebut membantu keduanya dalam seleksi jabatan di Kemenag