Medan I rakyatmedan – PT Toba Putp Lestari, Tbk terus melakukan program berkelanjutan pada bidang manajemen pengolaan hutan lestari maupun pulp, untuk meningkatkan kinerja lingkungan dan sosial yang lebih baik.

“Program peremajaan pabrik diprediksi akan selesai pada 31 Juli 2019 ini yang proses pembangunannya dimulai pada 8 Agustus 2018 lalu,” kata Direktur PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL), Mulia Nauli pada silaturahmi dan buka puasa bersama dengan insan pers, di Uniland Plaza Jalan MT Haryono, Jumat (24/5/2019).

Mulia Nauli menyatakan, peremajaan pabrik ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Iingkungan (environmental performance} menuju ke zero smell dan kualitas produksi yang stabil sedangkan kapasitas produksi akan tetap sama.

Selain target menuju zero smell, kata Mulia proyek ini juga bertujuan mengurangi emisi dan penggunaan energi.

Bahkan saat ini seluruh pekerjaan fondasi telah selesai dan 5 digester baru telah terpasang berserta fasilitas lainnya. Progres pengerjaan hingga kini telah mencapai 87%.

“Peremajaan pabrik tersebut kita harapkan dapat diselesaikan pada semester kedua tahun ini atau akhir Juli 2019,” ungkap Mulia seraya menyebutkan total investasi yang dialokasikan oleh perseroan sebesar USD 110 juta.

Selain melakukan peremajaan pabrik untuk meningkatkan kinerja lingkungan, Perseroan terus melakukan program-program pemberdayaan masyarakat melalui Program Community Development / Corporate Social Responsibility, berfokus pada bidang-bidang pendidikan, kesehatan, investasi sosial dan penciptaan Iapangan kerja serta pengembangan keterampilan.

Pada program Dana Pemberdayaan Masyarakat atau Community Development / Corporate Social Responsibility (CD/CSR) yang diambil dari 1% net sales PT Toba Pulp Lestari, telah diimplementasikan langsung sejak 2018.

“Fokus dilakukan di 6 kabupaten dimana perseroan beroperasi di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Humbanghasundutan (Humbahas), Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, dan Dairi,” katanya.

Buka puasa bersama ini kata Mulia merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk mempererat hubungan dengan insan pers di Sumut.

Buka puasa bersama ini dihadiri Komisaris Utama Ignatius Djoko Purnomo , Direktur Anwar Lawden dan Manager Stakeholder Simon Sidabukke, Norma Patty Nandini Hutajulu, Corporate Communication Manager dan humas Dedy Armaya, beserta para pimpinan redaksi media cetak dan online, pengurus PWI Sumut, serta para awak media.

Mulia dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran insan pers di Sumut atas dukungannya kepada TobaPulp.

Sementara itu mewakili pimpinan harian Waspasa Sofyan Harahap mengucapkan terimakasih kepada TobaPulp yang setiap tahun rutin melaksanakan acara berbuka puasa dengan para insan pers Sumut.

Menurutnya itu menunjukkan kemitraan pers dengan TobaPulp terus terbina dengan baik sebagai wujud kebersamaan yang saling mengisi untuk kemajuan bersama.

Dirinya berharap, jalinan kemitraan yang sudah terbina selama ini dapat terus dilanjutkan dan menjadi contoh bagi perusahaan lainnya.

Usai berbuka puasa bersama, managemen TobaPulp disaksikan insan pers menyerahkan bantuan tali asih kepada anak yatim piatu panti asuhan.