Medan | rakyatmedan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah melaksanakan Salat Idulfitri bersama ribuan masyarakat Kota Medan dan sekitarnya di Lapangan Mereka, Jalan Pulau Pinang, Kota Medan, Rabu (05/06/2019).

Turut hadir Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Wakil Ketua PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina beserta suami dan para pimpinan OPD Pemprov Sumut.

Gubernur dan rombongan tiba di Lapangan Merdeka sekira pukul 07.05 WIB. Gubernur dan Wagub mengambil tempat di shaf paling depan, bersama Walikota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumut Iwan Zulhami, Forkopimda Sumut dan Kota Medan, para Kepala OPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan.

Salat Idulfitri yang diimami oleh H Mad Kasad Lubis SPdI berlangsung lancar dan tertib. Ribuan masyarakat dari Kota Medan dan sekitarnya juga tampak khusuk melaksanakan salat hingga akhir di pagi yang cerah tersebut.

Momen Silaturahmi dan Bermaafan                                            Usai melaksanakan Salat Idulfitri, Gubernur Edy Rahmayadi mengajak seluruh masyarakat muslim di daerah ini untuk menjadikan Idulfitri 1440 H sebagai momen saling bersilaturahmi dan saling memaafkan.

“Di hari yang sudah bersih ini, fitrah, merupakan momen yang tepat untuk bersilaturahmi dan bermaafan. Sehingga ke depan kita dapat menjalani kehidupan ini sebagai manusia yang penuh rahmat Allah,” ujar Gubernur.

Republik Indonesia ini, lanjutnya, dimerdekakan dengan rasa persatuan dan kesatuan, dari beragam suku dan agama. Sebagai umat Islam generasi penerus bangsa, harus bisa melanjutkan cita-cita para pejuang terdahulu.

“Dengan umat Islam yang rahmatan lil alamin, Insya Allah para generasi penerus bangsa dapat melanjutkan cita-cita pejuang mengisi kemerdekaan dan membangun Sumatera utara yang semakin makmur dan bermartabat,” sebut Edy Rahmayadi.

Khatib Dr H Ardiansyah Lc MA pada khutbahnya mengajak kepada seluruh umat Islam di Sumut agar menjadikan Idulfitri sebagai momentum untuk membangun daerah ini.

“Dengan merajut silaturahmi, merawat persatuan dan persaudaraan. Menyatupadukan hubungan kasih sayang antara sesama menuju Sumatera Utara yang maju, sejahtera dan bermartabat,” ujar Ardiansyah, yang juga Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut.

Ardinsyah juga mengajak kepada seluruh umat Islam untuk terus merajut kesadaran kesamaan dan kebersamaan.

“Setiap muslim berkewajiban menunaikan zakat fitrah sebagai simbol kepedulian sosial,” katanya. (rm-06)