Medan | rakyatmedan – Ratusan warga Kelurahan Belawan Lama, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut), merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dengan suasana banjir. Sejak Rabu (05/06/2019), kawasan tersebut mengalami banjir rob akibat pasang air laut yang merendam permukiman mereka.

Penuturan seorang warga Indriyani, kondisi ini sudah kerap terjadi. Daerah mereka sering dilanda banjir rob yang datang secara tiba-tiba dan langsung merendam rumah warga.

“Iya, kami memang kerap terkena banjir. Namun sayangnya ini terjadi di momen Hari Raya Idul Fitri dan mengganggu silaturahmi,” ujar Indriyani, Kamis (06/06/2019).

Kendati dalam kondisi banjir, warga tetap menggelar silaturahmi. Mereka saling kunjung mengunjungi dan bermaaf-maafan, meski hanya menggunakan sandal.

Senada diungkapkan Rahmat Halim, warga lainnya. Selain mengganggu silaturahmi warga, banjir rob yang menggenangi jalan raya ini juga membuat warga khawatir.

“Air laut yang asin sering membuat kendaraan kami kita rusak,” katanya.

Dia berharap pemerintah segera dapat membangun bendungan untuk menahan banjir rob yang kerap mendera wilayah mereka. Selain itu juga memperbaiki saluran drainase yang tersendat. (rm/in)