Kallang | rakyatmedan – Tim nasional Indonesia U-23 gagal melangkahkan kaki ke final Merlion Cup 2019 usai takluk 1-2 dari Thailand pada babak semifinal di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, Jumat (07/06/2019) sore.

Timnas memulai laga dengan cukup baik pada turnamen persahabatan ini. Tetapi keberuntungan tidak berpihak kepada timnas ketika wasit memberi hadiah penalti kepada Thailand pada menit kelima setelah Shinnaphat Leeaoh dilanggar di kotak terlarang.

Kesempatan itu dimaksimalkan Saringkan Promsupa yang sukses menjadi eksekutor. Dengan mudah, Promsupa mengoyak gawang Garuda Muda yang dikawal kiper Satria Tama.

Setelah tertinggal satu gol, Indonesia mencoba bangkit. Namun, pada menit ke-12 Indonesia kembali kebobolan. Kali ini Ekanit Panya yang mencetak gol dengan sambaran keras di depan gawang Indonesia memanfaatkan umpan silang rekannya.

Meski unggul, Thailand terus menggempur pertahanan skuat Garuda Muda. Peluang didapat ketika Jaturapat Sattham melepaskan tembakan. Beruntung bola masih melambung di atas mistar gawang.

Indonesia memiliki peluang emas pertama pada menit ke-32. Berawal dari tendangan sudut, Hanif Sjahbandi menyambutnya dengan tembakan ke arah gawang. Sayang tendangannya masih lemah dan berhasil dijinakkan kiper Thailand Korraphat Nareechan.

Pada menit ke-42, gol yang ditunggu Indonesia akhirnya datang. Witan Sulaeman berhasil memperkecil ketertinggalan setelah mengecoh kiper Thailand dalam posisi one-on-one. Meski tak keras, tetapi tembakan Witan terarah dengan baik menembus jala Thailand.

Bertekad untuk menyamakan kedudukan, timnas langsung tampil menyerang pada babak kedua. Pada menit ke-48, Rizky Febrianto mencoba peruntungannya dan melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, sepakannya masih bisa dihentikan Nareechan.

Semenit kemudian, giliran Feby Eka Putra yang mendapat peluang. Setelah melewati pertahanan Thailand, dia melepaskan tembakan. Hanya saja, upayanya itu masih melenceng ke sisi gawang.

Belum menyerah, Indonesia terus menggempur pertahanan Thailand. Pada menit ke-63, Sani Rizki melancarkan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, sepakannya itu masih melambung ke atas mistar gawang.

Jelang laga berakhir, timnas makin ngotot untuk mencetak gol. Peluang emas kembali didapat Indonesia melalui Rachmat Irianto pada menit ke-83. Tetapi tembakan keras Rachmat untuk menyamakan kedudukan masih jauh dari gawang Thailand, dan tak ada gol tambahan tercipta hingga laga usai. (rm/in)