Samosir | rakyatmedan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pengururan, Jalan Dr Hardianus Sinaga Samosir, Kabupaten Samosir, Kamis (13/06/2019). Kepada para siswa, Gubernur memberikan motivasi agar berprestasi dan berakhlak baik.

“Anak-anak ku, kalian harus berprestasi, juga baik, agar kelak menjadi manusia yang hebat dan berakhlak baik. Maka belajarlah kalian, tentunya dengan bekal akhlak yang baik,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi kepada ratusan siswa di Halaman SMAN 1 Pangururan.

Gubernur pun mengisahkan perjalanan hidupnya, yang berasal dari anak seorang TNI berpangkat Sersan, dengan ibu berjualan kue.

“Saya dulu setiap hari mengantar kue buatan Ibu ke warung dan pulangnya mengambil sekaligus uang hasil jualan, dan Ayah saya seorang Sersan, tapi saya mampu menjadi mantan Letnan Jendral. Artinya, anak-anakku bisa berhasil bila dengan bersungguh-sungguh dalam belajar,” jelasnya.

Selain itu, kata Gubernur, untuk menjadi orang yang berhasil, para siswa juga perlu bimbingan para guru dan orangtua. Serta campur tangan dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Tanpa ke tiga unsur itu, Tuhan, orangtua dan guru, kita tidak akan berhasil,” katanya.

Edy Rahmayadi juga merasa bangga, bisa bertemu dan berbincang-bincang langsung dengan para siswa dan guru.

“Saya bangga melihat kalian semua, juga guru yang memiliki andil sebagai pendidik para siswa. Tanpa guru, saya juga tidak bisa menjadi Gubernur,” kata Edy Rahmayadi yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Sumut dan negara ini, lanjut Edy, membutuhkan generasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Karena itu, ke depan diharapkan muncul siswa-siswa berprestasi yang kelak menjadi pemimpin.

“Saya data yang berprestasi, ini adalah orang-orang yang baik dari kalian yang terbaik, saya harapkan ke depan akan ada dari kalian yang menjadi pemimpin Sumut,” ujarnya, sembari memanggil para siswa yang berprestasi di SMAN 1 Pangururan.

Salah seorang siswa berprestasi dari jurusan IPA, Vinar Sitanggang, mengatakan bersyukur bisa sekolah di SMAN 1 Pangururan, dan berhasil meraih rangking pertama. Itu semua, menurutnya, berkat campur tangan Tuhan, bimbingan orangtua dan guru.

“Saya berjanji akan membawa harum nama sekolah, terkhusus juga kepada Kabupaten Samosir dan Sumut,” ujarnya di hadapan Gubernur.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Pangururan Bilpon Simbolon menyampaikan, sekolah yang dipimpinnya sudah menggunakan sistem ujian nasional berbasis komputer dan meluluskan 100 %, yang diprediksi bisa memasuki perguruan tinggi favorit.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga meninjau ruangan kelas dan laboratorium komputer. Turut hadir, Wakil Bupati Samosir J Sinaga, Asisten Pemerintahan Pemprov Sumut Jumsadi Damanik, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, para guru dan ratusan siswa. (rm-06)