Jakarta | rakyatmedan – Google akan setop integrasi Photos dan Drive pada Juli mendatang. Hal ini merupakan masukan dari penggunanya yang bingung dengan kedua layanan tersebut.

“Kami telah mendengar masukan dari pengguna, koneksi antara (kedua) layanan ini membingungkan. Maka dari itu bulan depan, kami akan membuat perubahan untuk menyederhanakan pengalaman di Drive da Photos,” pernyataan Google dalam unggahan blognya.

Perubahaan ini akan diterapkan pada bulan Juli mendatang. Foto dan video yang diunggah tidak akan ditambahkan secara otomatis muncul ke folder Drive.

Nantinya, foto dan video yang telah dihapus di Drive tidak akan tersinkronisasi dari Photos Ini juga berlaku untuk item yang dihapus di Photos tidak akan dihapus dari Drive.

“Perubahan ini dirancang untuk membantu mencegah penghapusan item secara ketidaksengajaan di seluruh produk layanannya,” tulis Google.

Dengan adanya sistem baru ini, memberikan manfaat bagi pengguna yang secara tidak sengaja menghapus file atau foto jikan tidak hati-hati.

Google memastikan bahwa tidak ada item yang akan dihapus secara otomatis pada bulan Juli ketika sinkronisasi ini dihentikan.

Jadi setiap foto atau video dari Drive di Photos yang telah diunggah pengguna sebelum perubahan tersebut tidak akan hilang dalam Photos.

Tak hanya itu, Google juga mengumumkan fitur yang memungkinkan pengguna memilih foto dan video secara manual dari Drive yang dapat di akses di laman photos.google.com dengan nama “Upload from Drive.

Namun hal ini mungkin akan membuat penggunanya bingung, terutama terkait dengan ruang penyimpanan di cloud.

Solusi terbaik bagi pengguna yang menginginkan konten di kedua tempat, dengan menggunakan aplikasi Google Backup and Sync yang ada di Windows ataupun Mac.