Jakarta | rakyatmedan  – Alberto ‘Beto’ Goncalves mencetak quattrick saat Tim Nasional Indonesia pesta 6-0 atas Vanuatu pada uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/06/2019) malam.

Sejak awal, pasukan Garuda mampu menguasai permainan. Total, penguasaan bola Indonesia mencapai 68 persen dan mampu melepaskan delapan tembakan yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Hasilnya, laga baru berjalan dua menit, striker Alberto ‘Beto’ Goncalves sudah membuat publik tuan rumah bergemuruh lewat golnya setelah memaksimalkan umpan Andik Vermansyah dari sisi kiri.

Setelah itu, permainan Indonesia semakin cair. Aliran bola semakin deras ke pertahanan lawan. Namun, beberapa peluang masih gagal berbuah gol karena umpan yang tak akurat dari sayap.

Kendati demikian, kerja sama para pemain tuan rumah semakin baik. Hasilnya, Irfan Bachdim yang bergerak di sayap kanan mampu mengirim bola lambung yang di tahan dada oleh Riko Simanjuntak ke arah Evan Dhimas yang langsung menyambutnya dengan sepakan keras menjadi gol kedua Indonesia pada menit ke-19.

Kemudian, tim asuhan Simon McMenemy itu terus berusaha untuk memperlebar keunggulannya. Pada menit ke-30, Andik yang menyusuri lapangan dari sisi kiri memberikan umpan kepada Beto. Sayang, kali ini penyelesaian akhir striker Madura United itu masih melambung ke atas gawang lawan, dan tak ada gol tambahan hingga babak pertama usai.

Begitu babak kedua dimulai, timnas tak membuang waktu untuk langsung tampil menyerang. Mereka pun langsung mencetak gol pada menit ke-48. Beto mencetak gol keduanya usai meneruskan umpan Andik dari sisi kiri dan menyundulnya menuju gawang Vanuatu.

Pada menit ke-61, Beto sukses mencetak gol ketiga pada pertandingan ini. Dia sukses melewati sejumlah pemain bertahan Vanuatu untuk masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan menjebol gawang lawan.

Tak lama kemudian, Beto kembali menorehkan gol. Quattrick Beto tercipta usai memanfaatkan umpan Andik dengan menanduk bola menuju gawang lawan pada menit ke-65. Kiper Vanuatu Dick Taiwia pun hanya bisa terdiap menyaksikan gawangnya kebobolan.

Setelah itu, Beto ditarik keluar dan digantikan Dedik Setiawan empat menit kemudian. Meski begitu, serangan timnas masih tetap tajam, dan menambah keunggulannya pada menit ke-74. Evan Dimas sukses menjebol gawang lawan usai mendapat umpan dari Dedik. Setelah itu, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga usai. (rm/in)