Cikarang | rakyatmedan – Tim Nasional U-19 asuhan pelatih kepala Fakhri Husaini menuntaskan pemusatan latihan (Training Center – TC) tahap kedua. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak tanggal 12 hingga 17 Juni 2019 itu berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Selama menjalani latihan selama ini, Fakhri melihat ada beberapa yang layak untuk lanjut, tetapi ada juga beberapa pemain yang tidak mempunyai perubahan signifikan.

“Mereka cenderung masih belum bisa mengimbangi permainan teman-teman lainnya,” ujar Fakhri.

Fakhri menambahkan, dirinya masih harus melakukan seleksi pada tahapan berikutnya. Dia fokus mencari pemain yang berposisi sebagai winger, bek sayap, dan yang paling utama adalah penjaga gawang. Sejauh ini, Fakhri baru memiliki dua kiper: Ernando Ari dan Risky Muhammad.

“Pemain yang sekarang, lalu digabungkan dengan pemain seleksi bulan April lalu, buat saya sudah hampir sempurna. Tetapi akan ada pemain baru lagi. Sudah ada yang kembali memberikan rekomandasi termasuk dari SKO Ragunan. Mereka sudah kontak. Ada sekitar lima pemain eks pelajar Indonesia yang tampil di India,” jelasnya.

Materi latihan di hari terakhir ini programnya adalah bagaimana menguasai jalannya permainan.

“Latihan ini merupakan bagian dari seleksi sebelumnya untuk melihat performa mereka, terutama dari aspek fisik, teknik, taktik, dan mental yang merupakan standarisasi saya,” sebut Fakhri.

Agenda tim ini selanjutnya adalah langsung persiapan dalam pemusatan latihan.

“Kemungkinan bulan Juli, kita sudah masuk dengan jumlah pemain 30, terdiri dari yang kita seleksi pada tahap satu dan dua, baru nanti kita langsung persiapan intensif untuk AFF,” kata Mahruzar Nasution, Asisten Pelatih tim.

Mahruzar memimpin sesi latihan terakhir, “Coach Fakhri lagi kurang sehat, dia ada sedikit gangguan di perutnya dan kemarin masuk rumah sakit. Sekarang Alhamdulilah beliau sudah baikan tapi masih dirumah sakit. Meski begitu, kita masih bertemu untuk minta petunjuk tentang bagaimana kita menjalankan seleksi,” ungkapnya.

Timnas U-19 dipersiapkan untuk berlaga pada Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus di Vietnam. Selain itu, Fakhri juga mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang.