Jakarta | rakyatmedan – Apple tidak akan meluncurkan iPhone 5G tahun ini. Namun, seluruh iPhone 2021 akan menawarkan konektivitas 5G.

Beberapa produsen smartphone Android telah memperkenalkan ponsel 5G mereka ke pasaran. Tapi, Apple menunggu hingga jaringan 5G lebih merata sehingga memutuskan tak ikut memperkenalkan ponsel 5G tahun ini.

Analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo melaporkan, raksasa teknologi akan memperkenalkan iPhone pertama 5G tahun depan. Tapi hanya iPhone model high-end yang akan mendukung 5G.

iPhone akan dirilis paruh kedua tahun 2020, jadi coverage 5G diprediksi sedikit lebih banyak pada tahun itu dibanding sekarang.

Meski Apple hanya akan menjual iPhone 5G untuk varian high-end tahun depan, tapi Kuo mencatat, Apple bisa mulai menjual seluruh iPhone dengan standar 5G pada 2021.

Melansir Ubergizmo, Selasa (18/06/2019)). kemampuan 5G awalnya kemungkinan akan didukung oleh modem nirkabel Qualcomm 5G. Tapi, Apple dilaporkan tertarik membuat modem sendiri di masa depan.

Kuo mengutarakan, Apple bisa memperkenalkan modem 5G sendiri pada 2022/2023. Terlepas dari itu, Kuo memprediksikan Apple akan terus memperkenalkan tiga iPhone baru per tahun. (rm/in)