Medan I rakyatmedan – Sukses dengan seri VivoBook S dan VivoBook Pro, ASUS kali ini memperkenalkan VivoBook Ultra A412. Laptop mungil ini diklaim sebagai ultrabook dengan desain stylish ukuran 14 inci terkecil di dunia.

Dalam peluncurannya di Jakarta, Kamis (20/6/2019), ASUS berkolaborasi dengan Rizky Febian dan Ria Ricis, dimana keduanya dianggap sosok yang sangat cocok merepresentasikan VivoBook Ultra A412.

“Sesuai dengan namanya, VivoBook Ultra A412 hadir dengan bodi yang lebih ringkas namun tetap mengedepankan performa,” ujar Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima rakyatmedan, Jumat (21/6/2019).

Menurutnya, gelar yang disandang VivoBook Ultra A412 sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil di dunia itu berkat dimensi bodi yang diusungnya, yaitu dengan panjang 32 cm dan lebar 21cm, sehingga sekilas terlihat seperti ultrabook yang mengusung layer 13 inci.

Ditambah lagi, empat pilihan warna unik membuatnya tampil mencolok dan berbeda dari ultrabook lainnya.

“Ultrabook ini hadir dengan 2 warna minimalis dan 2 warna cerah, salah satunya peacock blue yang memiliki efek gradasi sehingga warna dapat terlihat berbeda dari segala arah,” ungkapnya.

Dia merincikan, didukung Fitur Premium VivoBook Ultra A412 dilengkapi dengan beragam fitur premium seperti NanoEdge Display, yaitu teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm.

Menurutnya berkat bezel yang tipis, dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen.

“ASUS VivoBook Ultra A412 memiliki ketebalan 19,5mm dengan berat 1,5kg. Layar 14 inci beresolusi full HD dibingkai dengan bezel tipis NanoEdge,” ujarnya.

Fitur premium lainnya adalah ErgoLift Design, yaitu mekanisme khusus yang membuat bagian bodi utama VivoBook Ultra A412 terangkat dan membentuk sudut dua derajat.

Berkat ErgoLift Design, posisi keyboard saat VivoBook Ultra A412 digunakan menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan.

Dijelaskannya, ErgoLift Design membuat sistem pendingin bekerja lebih optimal. Saat ultrabook digunakan, body akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang memperlancar sirkulasi udara.

VivoBook Ultra A412 juga telah dilengkapi dengan fitur modern seperti pembaca sidik jari atau fingerprint yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello.

Integrasi tersebut memungkinkan pengguna untuk login dan masuk ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 tanpa harus mengetikkan password. Selain mempermudah, fitur ini juga membuat VivoBook Ultra A412 menjadi lebih aman.

Untuk dapur pacu, ASUS VivoBook Ultra A412 terbagi menjadi 3 processor dengan harga berbeda.

Spesifikasi terendah adalah Intel Generasi ke-8 Core i3, RAM 4GB dan memori PCIe SSD 512GB seharga Rp7,6 juta. Kemudian Intel Core i5 dengan RAM 8GB dan memori PCIe SSD 512GB seharga Rp10,3 juta.

Sedangkan varian tertinggi dibanderol seharga Rp13,8 juta dengan spesifikasi Intel Core i7, RAM 8GB, memori PCIe SSD 512GB dan NVIDIA discrete GPU MX250.

ASUS Product Manager Notebook, Nick Wu menambahkan, orang pada umumnya harus membawa ransel berukuran besar untuk memasukkan laptop.

“Namun tidak kali ini. Desain bezel-less yang sleek dan shopisticated memungkinkan pengguna lebih nyaman dalam memakai laptop,” kata Nick Wu yang turut hadir dalam peluncuran VivoBook Ultra A412 itu. (rm-04)