Jakarta | rakyatmedan – Google terus menyebarkan dark mode ke layanan kembangannya. Setelah Drive dan Keep, giliran Gmail yang mendapatkan tema gelap yang diantisipasi sebagian pengguna.

Mengutip dari Phone Arena, Jumat (21/06/2019), Google tampaknya bekerja keras untuk membuat pengguna Gmail senang. Android Police melaporkan dark mode yang lama tertunda mulai muncul di Gmail untuk Android.

Sayangnya, dark mode ini belum diimplementasikan dengan benar dan tidak memiliki tombol yang akan memungkinkan pengguna menonaktifkan atau mengaktifkannya. Saat ini, dark mode tersedia dalam pengaturan hanya untuk sementara waktu dan muncul secara acak kapan pun diinginkan.

Laporan GSM Arena menyebutkan, Google diharapkan segera memperbaiki permasalah dan merilisnya. Paling tidak, dark mode untuk Gmail diharapkan bisa hadir saat Android Q keluar pada Agustus nanti.

Gmail adalah salah satu aplikasi terpopuler untuk perangkat Android tapi Google belum menerapkan dark mode hingga sekarang. Raksasa teknologi asal Amerika ini justru lebih dulu mengimplementasikan dark mode untuk layanan yang kurang populer di Android.

Dark mode belakangan ini menjadi populer di kalangan pengembang. Banyak pengembang mengadopsi tema gelap ini untuk layanannya.

Dark mode sendiri membawa manfaat tersendiri bagi penggunanya. Selain menciptakan kontras yang lebih baik, dark mode juga bisa mengurangi kelelahan mata, cahaya biru pada smartphone, dan bahkan menghemat baterai. (rm/in)