Medan I rakyatmedan – Sebanyak 6.254. peserta mengikuti Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) di Politeknik Negeri Medan, Sabtu (22/6/2019). Jumlah peserta tersebut terdiri dari 3.743 peserta kelompok ujian IPA dan 2.511 peserta IPS.

Direktur Politeknik Negeri Medan M Syahruddin ST MT bersama Wadir I Nursiah SE MSi, Wadir II Abdul Rahman SE Ak MSi, Wadir III Nisfan Bahri Lubis ST MT dan Wadir IV Ir Berta Br Ginting MT saat meninjau pelaksanaan UMPN tersebut menjelaskan, pelaksanaan UMPN berjalan dengan aman dan Iancar.

Pimpinan Polmed juga melakukan dialog dengan sejumlah pengawas dan peserta terkait kondisi yang dihadapi saat pelaksanaan UMPN menambahkan minat masyarakat dalam mengikuti UMPN di Politeknik Negeri Medan dari tahun ke tahun cukup tinggi.

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat percaya akan kualitas pendidikan yang ada di Polmed, serta menunjukan bahwa masyarakat sekarang telah memahami dan percaya pada pendidikan vokasi selain pendidikan akademik,” jelasnya.

Politeknik Negeri Medan tahun ini membuka empat jalur penerimaan mahasiswa baru yakni undangan, Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) yang dilaksanakan hari ini, mandiri yang pendaftarannya akan dilaksanakan mulai 1 Juli 2019, dan kelas kerja sama (PLN dan GMF Aero Asia).

Pada pelaksanaan UMPN, sebutnya, Polmed menyiapkan seluruh gedung perkuliahan yang ada sebagai lokasi ujian yang ditunjang dengan seluruh dosen dan pegawai sebagai pengawas ujian. Ujian dilaksanakan dua sesi sesuai bidang masing-masing dengan soal yang telah distandarisasi.

Untuk kelompok ujian IPA peserta mengerjakan soal Fisika, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sedangkan Kelompok ujian IPS, peserta harus mengerjakan soal Bahasa Indonesia, Matematika, Ekonomi, Akuntansi, dan Bahasa Inggris. Total 100 soal dalam waktu 2,5 jam.

“Secara khusus Direktur Politeknik Negeri Medan dan jajaran pimpinan mengucapkan terima kasih kepa’da semua pihak yang telah membantu terlaksananya UMPN hari ini, ” katanya.

Kepercayaan masyarakat akan pendidikan vokasi yang berdisiplin dan berkarakter di Politeknik Negeri Medan (Polmed) akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

Demikian juga pelayanan pendidikan yang prima akan selalu menjadi komitmen segenap civitas akademika Polmed.

Hasil ujian UMPN ini akan diumumkan pada 27 Juni 2019, dan dapat dilihat pada website Polmed http://www.polmed.ac.id serta di papan pengumuman yang ada di Politeknik Negeri Medan, Jalan Almamater Kampus USU Medan.

Selanjutnya bagi peserta yang lulus sebagai calon mahasiswa Politeknik Negeri Medan akan mengikuti test kesehatan.

Teks Foto :
Direktur Politeknik Negeri Medan M Syahruddin ST MT meninjau pelaksanaan UMPN.