Medan | rakyatmedan– Memperingati Hari Donor Darah sedunia dan Hari Anti Narkotika (HAN) Internasional, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melaksanakan donor darah yang terbuka bagi masyarakat di Graha XL Axiata, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), serta Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan.

Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan, mengatakan donor darah rutin dilakukan guna membantu anak-anak penderita kanker yang sangat membutuhkan bantuan darah.

Di sisi lain, donor darah juga akan menjadi sarana guna menjaga kesehatan masyarakat.

“Kegiatan sosial ini sekaligus menjadi cara kami di XL Axiata untuk terus menjalin kedekatan dengan masyarakat Kota Medan dan Sumatera Utara pada umumnya. Selalu menjadi kepuasan tersendiri jika kami mampu berbuat sesuatu untuk meringankan beban penderitaan masyarakat di sekitar kami,” tutur Francky.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekjend FJPI Khairiah Lubis, Ketua FJPI Sumut Lia Anggia Nasution serta sejumlah anggota FJPI, Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Rahmad Suryadi beserta anggota PFI Medan, yang ikut serta sebagai pendonor darah.

Kegiatan donor darah di XL Axiata dilaksanakan sejak 2012 dan rutin digelar setiap 3 bulan sekali.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata terhadap anak-anak penderita kanker. Hasil donor darah disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistribusikan ke anak-anak penderita kanker.

Disebutkannya, begitu banyak manfaat donor darah yang dirasakan para pendonor. Di antaranya untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis.

Hingga acara berakhir, terdapat 92 kantong darah yang berhasil dikumpulkan. Kegiatan donor darah selanjutnya di XL Axiata akan dilaksanakan pada bulan September 2019. (rm-04)