Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Welcome Dinner dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di The Renaissance Semarang Jalan Bukit Panorama Jangli, Graha Candi, Selasa (02/07/2019).

Jamuan makan malam ini sengaja digelar Walikota Semarang Hendrar Prihadi untuk menyambut kedatangan para walikota dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti Rakernas XIV APEKSI tersebut.

Welcome Dinner turut dihadiri Ketua APEKSI Airin Rachmi Diani yang juga Walikota Tanggerang Selatan. Seluruh walikota, termasuk Walikota Medan mengenakan batik lengan panjang yang menjadi ciri khas daerah masing-masing dalam jamuan makan malam yang berlangsung dengan penuh kekaraban tersebut.

Walikota Medan sendiri mengenakan Batik Medan hasil kreasi Ketua TP PKK Kota Medan bersama para pengerajin batik di Kota Medan.

Dalam Welcome Dinner tersebut, walikota didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Khairul Syahnan, Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan H M Husni, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Suherman, Kadis Pertanian dan Perikanan Ikhsar Marbun serta Kabag Hubungan Kerjasama Setdako Medan Rivai Nasution.

Sebelum jamuan makan malam dimulai, Wali Kota Semarang menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh walikota yang telah meluangkan waktunya hadir untuk mengikuti Rakernas XIV APEKSI. Pria yang akrab disapa dengan Hendi itu berharap agar seluruh walikota merasa nyaman dan betah selama berada di Kota Semarang.

Setelah itu giliran Ketua APEKSI Airin Rachmi Diany menyampaikan kata sambutannya. Atas nama seluruh Wali Kota yang hadir, Airin mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam yang luar biasa tersebut.

Selain menyungguhkan aneka makanan, ruangan yang digunakan untuk Welcome Dinner juga sangat besar sehingga seluruh walikota yang hadir merasa tenang dan nyaman.

Selanjutnya Airin juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para walikota yang hadir, sebab mereka sangat antusias untuk mengikuti Rakernas XIV APEKSI.

Apalagi ungkap Airin, dirinya mendapat informasi ada sejumlah walikota yang sengaja menggunakan jalan darat menuju Kota Semarang untuk mencoba jalan tol yang baru.

“Usai Pemilu 2019, termasuk Pilpres, mari kita menyambut dan menyosong tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya. Kemudian saya brharap agar Rakernas XIV APEKSI beserta seluruh rangkaian kegiatan seperti pawai budaya dan Indonesia City Expo dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan,” kata Airin.

Usai makan malam, masing-masing walikota mendapat goodie bag dari Walikota Semarang. Setelah itu Welcome Dinner pertunjukan musik maupun tari-tarian tradisionil untuk menghibur para walikota yang hadir. Tim kesenian dari Pemko Medan pun mendapat kesempatan tampil membawakan Tarian Zapin dengan apik sehingga mendapat aplaus dan apresiasi dari para walikota maupun tamu undangan lainnya.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjelaskan, Welcome Dinner merupakan kegiatan yang digelar rutin jelang pelaksanaan Mukernas APEKSi. Selain sebagai ungkapan selamat datang dari tuan rumah, esensi jamuan makan malam itu juga untuk mempererat tali silaturahmi antar walikota.

“Saya berharap Mukernas XIV APEKSI yang mengusung tema, “Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah Untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah dapat berjalan dengan lancar. Di samping itu juga nantinya menghasilkan pemikiran-pemikiran positif untuk bangsa, termasuk memajukan kota yang tergabung dalam APEKSI,” harap walikota. (rm-05)