Turin | rakyatmedan – Juventus akhirnya resmi kembali memiliki kiper veteran, Gianluigi Buffon. Mantan kiper tim nasional Italia tersebut dikontrak setahun oleh Si Nyonya Tua, atau hingga akhir musim 2019/2020.

Juventus mendapatkan pemain berusia 41 tahun tersebut secara gratis setelah kontraknya dengan Paris Saint-Germain usai, pada akhir bulan lalu. Kubu Juventus mengeluarkan pernyataan resmi terkait perekrutan tersebut.

“Setelah setahun meninggalkan Turin, Gianluigi Buffon telah kembali ke Juventus. Dia menandatangani kontrak selama setahun yang akan mengikatnya di klub hingga 30 Juni 2020,” bunyi pernyataan di laman klub.

Pihak klub juga tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. “Buffon kembali pulang,” tutur mereka. Kabarnya pemain yang mengawali kariernya bersama Parma tersebut akan mendapat bayaran senilai 4 juta euro (Rp64 miliar) per tahun.

Selain itu meski tak diungkapkan secara gamblang, Buffon akan menjadi staf pelatih atau posisi direktur saat kontraknya usai. Pada periode pertamanya dengan Juventus, Buffon menahbiskan dirinya sebagai salah satu legenda Juventus.

Selama 17 tahun membela Si Nyonya Tua, dia telah bermain sebanyak 656 pertandingan di semua ajang. Buffon juga turut memberikan 9 gelar juara Serie A, 4 gelar Coppa Italia dan satu titel Serie B.

Kembali bergabung dengan Juventus, membuatnya memiliki peluang untuk meraih gelar juara Liga Champions, titel yang hingga kini belum pernah diraihnya.

Selama bersama Juventus, Buffon hanya mampu tiga kali menjadi runner-up kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi tersebut. (rm/in)