Medan I rakyatmedan – Bagi pecinta kuliner masakan Penang, Malaysia yang dikenal memiliki citarasa nikmat dengan bumbu rempah yang khas, kini tak perlu jauh-jauh terbang ke negara asalnya untuk menyantap hidangan khas Penang tersebut. Pasalnya aneka cita rasa Penang yang menggugah selera itu ada di Kafe Ulos Hotel Santika Medan.

Melalui program promosi kuliner Penang yang merupakan kerjasama Berjaya Hotel Penang dengan Hotel Santika dan didukung Tourism Malaysia Medan, warga Sumatera Utara khususnya Medan bisa mencicipinya yang disajikan setiap Jumat dan Sabtu pada saat pukul 18.00 hingga 22.00 pada periode Juli 2019.

Penang Food Promotion itu diresmikan langsung Direktur Tourism Malaysia Medan, Azhari Haron didampingi Executive Assistant Manager Berjaya Hotel Penang Amran Taib dan General Manager Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Ariestra Prasetio, Jumat (05/07/2019).

Bersama Chef Ramesh dan Chef Mat Yatim yang sengaja didatangkan dari Penang itu siap memanjakan lidah warga Medan dengan berbagai cita rasa Penang, seperti Krabu Timun Nenas, Laksa Penang, Pappadom, Sup Kambing Berempah, Ikan Goreng Mamak Style, Pulut Kacau, dan lainnya hanya dengan Rp115.000/orang.

Direktur Tourism Malaysia Medan, Azhari Haron mengatakan, Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang unik, karena memiliki bayak suku bangsa, seni, budaya dan juga wisata kuliner.

Disebutkan Azhari Haron, sekitar 40 persen wisatawan luar negeri menghabiskan anggaran mereka pada makanan saat bepergian ke Malaysia.

Diakuinya Penang Food Promotion ini menjadi event yang sangat menarik karena melibatkan kerja sama dua negara yang tidak jauh berbeda dari segi budaya dan cita rasa masakannya.

“Jadi tujuan event ini selain mengeratkan hubungan antara Indonesia dan Malaysia juga untuk dapat bersama-sama meningkatkan kunjungan wisatawan serta memfasilitasi penyajian masakan Penang bagi pecinta kuliner,” katanya.

Pada momen ini, Azhari juga menyampaikan salam perpisahan kepada rekan-rekan di Tourism Malaysia di Medan.

Azhari mengaku puas selama 3 tahun lebih bertugas di Medan, dapat melihat dan merasakan langsung peningkatan kunjungan warga Sumatera ke Malaysia.

Menurutnya jumlah seat capacity (direct flight) semasa ia menjabat di Medan memang mengalami up and down.

Namun jumlah seat capacity selama 3 tahun lebih ini ada peningkatan lebih kurang 20% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Di penghujung masa tugasnya yang akan berakhir pada 12 Juli 2019 ini, dirinya menyampaikan terima kasih kepada media, travel agent, airlines, dan industri-industri yang selama ini banyak mendukung dan memberikan feedback yang positif terhadap citra atau imej pelancongan Malaysia di Indonesia khususnya Sumatera.

“Saya berharap kita bisa berjumpa di lain kesempatan. Jangan lupa hubungi saya kalau jalan-jalan ke Malaysia,” jelasnya.

Selain Penang Food Promotion, Executive Assistant Manager Berjaya Hotel Penang Amran Taib juga meluncurkan “Durian Penang Tour Package” pada sesi Presentasi di Hotel Santika bersama para Travel Agent dan Airlines.

Direktur Tourism Malaysia Medan, Azhari Haron (kiri) dan Executive Assistant Manager Berjaya Hotel Penang Amran Taib ( kanan) saat meluncurkan “Durian Penang Tour Package”

“Durian Penang sangat terkenal dan salah satu durian terbaik di dunia. Saat ini di Penang sedang musim durian. Jom pencinta durian datang ke Penang,” pungkasnya.

Pada peresmian Penang Food Promotion itu ditandai dengan penguntingan pita dan diakhiri dengan ramahtamah serta makan bersama dengan berbagai sajian masakan yang bercita rasa Penang. ( rm-04)