Medan | rakyatmedan – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap agar Kota Medan menjadi pelopor keselamatan dan ketertiban berlalulintas. Selain dapat bersaing dengan kota lain di Indonesia, ibukota Provinsi Sumatera Utara juga dapat menjadi contoh berlalulintas yang baik.

Demikian disampaikan walikota diwakili Asisten Umum Setda Kota Medan Renward Parapat ketika menutup Pemilihan Abdi Yasa Teladan Kota Medan 2019 di Hotel Madani Medan, Jumat (12/07/2019).

Kegiatan yang bertujuan untuk memberi pembinaan mengenai ketertiban dan keselamatan berlalulintas diikuti sebanyak 100 orang pengemudi dari berbagai perusahaan angkutan di Kota Medan.

Dikatakan ealikota, kegiatan ini bukan untuk mencari siapa yang menjadi pemenangnya, melainkan bagaimana dapat menjadi spirit bagi seluruh pengemudi di Kota Medan.

“Melalui Pemilihan Abdi Yasa Teladan ini, semoga kita dapat memberikan pelayanan terbaik,” kata Renward membacakan pidato tertulis walikota.

Sekaitan itulah walikota sangat mengapresiasi digelarnya Pemilihan Abdi Yasa Teladan. Sebab, kegiatan yang diinisiasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan dinilainya sangat positif karena output yang dihasilkan dapat mendorong kelancaran berlalulintas di Kota Medan.

Walikota menjelaskan, permasalahan berlalulintas saat ini sudah sangat kompleks. Dulu terangnya, kemacetan hanya di inti kota, sekarang sudah sampai ke pinggiran kota. Di samping itu lagi kemacetan tidak hanya pada hari kerja, tetapi juga pada hari libur.

Kondisi ini bilangnya, terjadi akibat berdirinya sejumlah pusat kegiatan dan kemampuan daya beli masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor juga meningkat.

“Jadi bagaimana caranya kita untuk mengatasi kemacetan tersebut. Salah satunya kami berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti Pemilihan Abdi Yasa Teladan dapat menjadi pelopor berlalulintas di kota yang kita cintai ini. Untuk itulah melalui kegiatan ini, kami ingin seluruh peserta termotivasi untuk ikut serta menjaga keselamatan dalam berlalulintas,” ungkapnya.

Selama 5 hari mengikuti Pemilihan Abdi Yasa Teladan, seluruh peserta mendapatkan pembekalan dari sejumlah narasumber yang berasal dari PT Jasa Raharja, Satlantas Polrestabes Medan, akademisi, BNN Sumut, Dishub Sumut dan Kota Medan.

Selanjutnya dari 100 peserta, panitia akhirnya menetapkan 3 pengemudi sebagai pemenang terbaik, masing-masing M Sadam Hadi (Perum Damri) pemenang pertama, Arifin (KPUM) pemenang kedua, dan Roni H (PT Blue Bird) pemenang ketiga.

Penutupan Pemilihan Abdi Yasa Teladan turut dihadiri Kadishub Kota Medan Iswar Lubis, perwakilan dari BPTD Wilayah II Sumut, Satlantas Polrestabes Medan, Divisi Organda Kota Medan, PT Jasa Raharja (Persero) cabang Medan, serta perwakilan perusahaan angkutan di Kota Medan.

Selain uang pembinaan, para pemenang dan juga seluruh mendapatkan sertifikat Abdi Yasa Teladan dari Dishub Kota Medan. (rm-05)