Medan I rakyatmedan – Sebanyak 3.396 peserta ikuti ujian tulis seleksi jalur mandiri Politeknik Negeri Medan (Polmed) 2019, Kamis (18/7/2019).

Dari 3.396 peserta ujian tersebut terdiri 1.887 peserta dari kelompok IPA, dan 1.509 peserta kelompok IPS.

Pelaksanaan ujian dimulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Untuk kelompok Ujian IPA dengan materi ujian Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Sedangkan kelompok IPS mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB dengan materi ujian Matematika, Ekonomi, Akuntansi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Direktur Polmed M Syahruddin ST MT bersama Wakil Direktur I Nursiah SE MSi, Abdul Rahman SE Ak MSi (Wadir II), Nisfan Bahri Lubis ST MT (Wadir III) dan Ir Berta Br Ginting MT (Wadir IV) langsung meninjau pelaksanaan UMPN tersebut.

“UMPN Jalur Mandiri tahun ini adalah yang pertama yang diadakan oleh Politeknik Negeri Medan,” kata Direktur Polmed M Syahruddin.

Diungkapkannya, peserta ujian jalur mandiri ini akan memerebutkan 30% dari total penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Medan 2019.

Dikatakannya, untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UMPN kali ini Politeknik Negeri Medan menugaskan dosen dan tenaga pendidik baik yang berstatus ASN dan honorer di lingkungan Politeknik Negeri Medan untuk menjadi pengawas ujian dan panitia Iainnya.

Dia mengharapkan agar para pengawas untuk mengikuti aturan pelaksanaan ujian yang sudah ada guna menekan kemungkinan adanya kecurangan dan haI-hal lain yang mengganggu pelaksanaan ujian serta yang merugikan para peserta ujian.

Ketua Panitia UMPN Nursiah SE MSi yang juga Wakil Direktur I dalam keterangannya menuturkan, pada tahun sebelumnya UMPN diadakan dua gelombang yaitu gelombang I untuk UMPN secara nasional dan UMPN gelombang II yang diadakan sendiri oleh Polmed dengan menerima mahasiswa reguler dan mahasiswa kelas khusus.

Mahasiswa yang diterima pada UMPN jalur Mandiri akan dikenakan biaya kuliah sebesar Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi di setiap Program Studi yang dipilihnya dan juga akan membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp5 juta yang dibayar sekali di awal masuk.

Sebelumnya pendaftaran UMPN Jalur Mandiri ini dilaksanakan mulai 1 Juli 2019 sampai dengan 15 Juli 2018 secara online.

Hasil ujian UMPN Jalur Mandiri ini akan diumumkan pada 24 Juli 2019.
Pengumuman hasil ujian tersebut dapat dilihat di massmedia yang ditunjuk Polmed dan juga dapat di lihat pada website Polmed http://www.polmed.ac.id.

Pengumuma juga dapat dilihat di papan pengumuman yang ada di kampus Politeknik Negeri Medan, Jalan Almamater Kampus USU Medan.

Selanjutnya bagi calon mahasiswa Polmed yang dinyatakan lulus akan mengikuti test kesehatan. (rm-04)

Teks Foto :
MENINJAU.
Direktur Polmed M Syahruddin ST MT ketika meninjau pelaksanaan UMPN Medan Jalur Mandiri 2019.