Medan I rakyatmedan -Untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap lulusan perguruan tinggi yang sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi, Universitas Dharmawangsa (Undhar) membuka Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

“Pendirian Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer itu untuk merespons kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten di era Revolusi Industri 4.0,” kata Rektor Undhar Dr H Kusbianto SH MHum, Selasa (23/7/2019)

Menurut Kusbianto, pendirian Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer di universitas itu sebagai upaya pencapaian untuk meningkatkan akreditasi dan mutu universitas. Apalagi, semua program studi di Undhar sudah terakreditasi B

Seremoni pendirian fakultas itu sebagai wujud syukur universitas telah diselenggarakan Selasa (16/7) lalu.

Disebutkannya, dengan demikian tahun akademik 2019/2020 ini Undhar memiliki dua program studi (prodi) baru pada program strata satu (S1). Kedua prodi itu yakni Prodi Teknologi Informasi (TI), dan Prodi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) pada Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Pendirian Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer sesuai salinan SK Kementeristek Dikti yang memuat izin pembukaan Prodi Teknologi Informasi dan Prodi Rekayasa Perangkat Lunak.

Salinan surat izin itu diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto kepada Rektor Undhar Dr H Kusbianto SH MHum belum lama ini.

“Bertambahnya dua prodi baru ini berarti juga menambah kepercayaan masyarakat dengan tatakelola perguruan tinggi yang sehat di Undhar,” ucapnya.

Kusbianto menyatakan SK yang diserahkan itu dapat dipergunakan guna meningkatkan tata kelola meningkatkan daya saing dan kualitas kampus dengan menjadikan prodi yang sehat dan berkualitas serta dapat terakreditasi A dalam kurun waktu tiga tahun.

Dengan bertambahnya dua prodi baru itu, Kusbianto menyebutkan Undhar telah memenuhi syarat sebagai universitas berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor.100 Tahun 2016, bahwa universitas harus memiliki tiga prodi bidang eksakta dan dua prodi bidang sosial.

“Kita sudah memiliki tiga prodi eksakta. Berarti ini sudah sesuai dengan Permendikti dan sesuai legalitas,” ungkapnya

Sebelumnya, di Undhar ada delapan prodi di 5 fakultas program S1, dan dua prodi pada program Diploma 3.

Dengan adanya penambahan prodi baru itu, kata Kusbianto, maka program S1 di Undhar menjadi 10 prodi, terdiri dari tiga prodi eksakta meliputi Prodi Akuakultur (Budidaya Perairan), Prodi Rekayasa Perangkat Lunak, Prodi Teknologi Informasi.

Sedangkan tujuh prodi bidang sosial meliputi Prodi Hukum, Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, dan Pendidikan Agama Islam.

Sedangkan program D3 ada dua prodi yakni Prodi Akuntansi, dan Sistem Informasi.

Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakkir SE pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas pendirian Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer di Undhar.

Menurutnya, dengan dibukanya fakultas itu, Undhar akan bertambah maju diikuti dengan banyaknya jumlah mahasiswa menjelang tahun ajaran baru ini.

Ditegaskannya, yayasan akan mendukung program universitas khususnya untuk Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer yang baru dibuka itu dalam hal sarana dan prasarana.

Pada kesempatan itu Ketua Yayasan juga mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada dekan FakultasTeknik yang dijabat Prof Suwardi Lubis. ( rm-04)

Teks foto:
Ketua Yayasan H Muzakkir SE didampingi Rektor Dr H Kusbianto SH MHum, pengurus yayasan dan jajaran rektorat universitas itu foto bersama pada acara seremoni pendirian Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer di aula kampus Jalan Yos Sudarso Medan.