Medan I rakyatmedan – Sekira 3.122 peserta mengikuti ujian masuk Universitas Negeri Medan (Unimed) melalui jalur Mandiri di kampus tersebut, Selasa (23/07/20019).

Pada pelaksanaan ujian yang berjalan lancar itu mendapat pengawasan Rektor Prof Syawal Gultom MPd beserta para Wakil Rektor dan jajaran Biro Rektorat serta Kahumas M Surip.

Dalam pantauannya ke beberapa ruangan pelaksanaan ujian, Syawal menyaksikan para calon mahasiswa Unimed itu mengisi form lembaran jawaban yang diujikan.

Disebutkan Syawal, dari 3.112 peserta ujian mandiri, Unimed menyediakan kuota sekitar 1.700 calon mahasiswa baru. Hasil ujian akan diumumkan pada 27 Juli 2019.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian jalur Mandiri berjalan lancar. Kita pastikan 99% persen peserta mengikuti ujian,” katanya.

Terkait uang kuliah, Syawal mengatakan, berdasarkan kajian uang kuliah tunggal ( UKT) yang ditetapkan pemerintah, jalur mandiri pada level 7 yakni Rp 5,5 juta dan level 8 dengan biaya tertinggi sebesar Rp 8 juta per semester.

Dijelaskan Syawal, mahasiswa jalur mandiri juga bisa peroleh beasiswa dengan ketentuan memenuhi nilai indeks prestasi akademik yang seleksi awal dilakukan fakultas.

“Kriteria lainnya yang berhak mendapatkan beasiswa mandiri adalah harus memiliki integritas,” ungkap Syawal seraya menyebutkan penerima beasiswa tidak ditentukan kuota tapi berdasarkan prestasi akademik

Seperti diketahui, sejak dibukanya pendaftaran seleksi masuk Unimed jalur Mandiri pada 1 Juli 2019, sebanyak 3.122 peserta yang mendaftar untuk memperebutkan 1.700 kursi kampus Unimed, terdiri dari Saintek 879 orang, Soshum 1744 orang dan Campuran 499 orang. (rm -04)